Windows vs Linux

Windows vs Linux

Linux Mageia operating sistem yang bisa dikatakan baru pertama kali ku gunakan. Mageia ini termasuk ke dalam kelompok Redhat, walaupun di mbah google banyak sekali yang membicarakan ubuntu, saya tertarik menggunakan linux mageia, kenapa? karena seru tau.. maen konsol, agak sulit namun semuanya bisa diatasi.

Secara tampilan linux mageia ini juga sangat menarik tidak berbeda jauh dengan windows, tentunya dengan beberapa perubahan kalimat, seperti explore (windows) di linux mageia disebut file manager (dolphin).

Tampilan-linux-mageia-4
Tampilan-linux-mageia-4

Beberapa fitur dari linux Mageia diantaranya :

  1. File Manager (Dolphin)

    file-manager-dolphin
    file-manager-dolphin
  2. System Setting

    system-setting
    system-setting
  3. Mageia Control Manager

    Mageia-control-center
    Mageia-control-center

Namun untuk melakukan instaallasi software atau driver, konsep yang digunakan tidak seperti windows yang tinggal klik, klik dan klik, melainkan harus melakukan sedikit penulisan di konsol (disini letak keseruannya, dimana kita bisa belajar seolah-olah menjadi seorang programer, hahahhahaaaa) seperti tampilan dibawah ini

konsol
konsep konsol

Apa kelebihan Linux Mageia Dibandingkan Windows

Jika berbicara kelebihan diantaranya :

  • Gratis, adalah kelebihan yang dimiliki Linux. Anda tidak harus mengeluarkan uang hanya untuk memasang OS ini. Bandingkan jika harus menggunakan Windows original yang harganya bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.
  • Linux adalah sistem operasi FULL 32-bit, jadi tidak ada kode 16-bit maupun campuran keduanya dalam setiap aplikasinya. Inilah yang membuat kemungkinan terjadi crash antar aplikasi sangat kecil.
  • Meskipun hal ini relatif, namun pada kenyataannya OS Linux lebih unggul dalam hal keamanan. Hal ini dikarenakan Linux adalah sistem operasi yang multiuser sehingga apabila ada virus yang menyerang user tertentu, maka dimungkinkan sangat sulit untuk menyebar ke user lain.
  • Kelebihan OS Linux adalah memiliki grafis antarmuka (GUI) seperti sistem operasi modern lainnya. Pada interface grafisnya disebut dengan X-Window System, berbeda dengan X-Windows. Interface tersebut juga hadir dalam pilihan tampilan yang cukup bervariasi dan dinamis.
  • Dalam Linux selalu ada peringatan saat komputer meminta Reboot (Restart ulang) sesaat setelah melakukan instalasi program. Bandingkan dengan sistem operasi lain seperti Windows yang justru sering Restart ulang secara otomatis tanpa ada peringatan.
  • Linux dapat mendukung akses hingga 33 macam sistem file yang jenisnya berbeda, diantaranya adalah sistem file FAT16, FAT32 (dari DOS), HPFS (OS/2), VFAT (Win), Minix, UFS (Solaris), SCO,Xenix, Novell, dan lain-lain.
  • Linux tidak ada batasan mengenai bagaimana konten yang digunakan pada sistem. Artinya, memang tidak ada manajemen hak digital (DRM) perlambatan bawah komputer maupun hal-hal yang menyebabkan konflik dengan perangkat keras maupun perangkat lunak.
  • Ada berbagai program-program penting maupun aplikasi-aplikasi jenis networking yang sudah tersedia dalam Distro (baik dalam bentuk CD maupun disket). Hal ini cukup memudahkan pengguna sehingga tidak perlu repot-repot lagi mencari aplikasi tambahan.
  • Kelebihan OS Linux lain yang sangat membantu adalah kebutuhan resource yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan sistem operasi Windows. Hal ini membuat Linux sangat kompatibel untuk digunakan pada PC dengan spesifikasi minim. Pengguna Linux tidak harus membeli perangkat keras mahal karena Linux dapat berjalan pada PC dengan konfigurasi minimal: Microprosesor 386 DX baik itu Intel, AMD Cryix dan lain-lain, RAM 4 MB serta Harddisk yang hanya memerlukan ruang 85 MB.
  • Jangan mengira bahwa Linux hanyalah sistem operasi tunggal. Sama seperti sistem operasi lainnya, ada berbagai pilihan Linux yang diantaranya adalah Ubuntu, Debian, Fedora, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan lain-lain. Namun Ubuntu dan Fedora adalah jenis OS Linux yang paling populer digunakan.
  • Ada banyak komunitas di dunia maya pengguna Linux sehingga bagi pemula tidak perlu kahwatir apabila mengalami masalah. Dalam komunitas, anggotanya dikenal loyal dan mau saling membantu memecahkan permasalahan maupun hanya sekedar memberi tips-tips. Beberapa link situs komunitas pengguna Linux di Indonesia adalah Forum Linux Mageia, Forum mageia, dan masih banyak lagi.
  • Anda tidak perlu khawatir akan adanya razia software bajakan di bandara yang terutama pada komputer jinjing karena Linux adalah sistem operasi bebas.
  • Menggunakan Linux juga bisa berarti Anda turut mengurangi pembajakan software yang secara khusus adalah sistem operasi.

Mungkin demikian dulu untuk pembukaan artikel saya mengenai linux mageia 4, tunggu tutorial lainnya mengenai linux mageia 4 atau 5 yang sedang saya pelajari untuk di update :) doakan saya berhasil ya, hehehhee

sampai jumpa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.