What’s The Best Sleep Position For You?

What’s The Best Sleep Position For You?

Tidur adalah aktivitas penting bagi setiap manusia. Namun, sekitar 150 juta manusia di dunia mengalami gangguan tidur ringan maupun berat. Salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah posisi tidur. Posisi tidur yang salah dapat membuat seseorang tidur mendengkur dan mengalami gangguan kesehatan maupun sosial karenanya.

Pengaruh Posisi Tidur Terhadap Kesehatan Manusia

Berikut bahasan seputar 3 posisi tidur utama, seperti dilansir stylecraze.com.

  • Posisi Tidur terlentang

    Tidur dengan posisi ini dapat mencegah sakit punggung dan sakit pada leher. Dengan posisi terlentang, naiknya asam lambung juga dapat dicegah. Karena wajah menghadap ke atas, posisi ini tidak memicu kemunculan keriput pada wajah. Tetapi, tidur dengan posisi ini membuat dengkuran dapat terjadi dan menimbulkan gangguan pernapasan.

  • Posisi Tidur miring

    Inilah posisi tidur yang paling banyak disarankan oleh dokter pada pasien mereka.Selain itu, tidur miring terutama ke arah ke kanan juga dianjurkan oleh Nabi umat Islam, Muhammad SAW. Tidur menyamping terbukti sangat baik bagi kesehatan secara umum. Dengan tidur menyamping, tubuh dapat beristirahat dengan nyaman dan bebas gangguan. Tidur menyamping juga mencegah sakit punggung dan leher, mengurangi dengkuran, mencegah refluks asam lambung, dan memperlancar sirkulasi saat hamil. Posisi ini juga dapat mengurangi insomnia dan gangguan pernafasan saat tidur. Sisi negatifnya, tidur dengan posisi ini dapat memperparah kerutan di wajah.

  • Posisi Tidur tengkurap

    Posisi tidur ini paling tidak dianjurkan oleh dokter karena tidak membuat tubuh beristirahat dengan nyaman. Tidur dengan posisi tengkurap akan membuat seseorang terus bergerak pada saat tidur karena merasa kurang nyaman. Posisi ini juga menyebabkan sakit pada punggung dan leher serta memperparah kerutan pada wajah.

Tidur menyamping atau miring adalah posisi paling baik bagi kesehatan. Jika Anda belum terbiasa dengan posisi ini, cobalah membiasakannya sedini mungkin agar tidur Anda lebih nyaman dan tidak bersuara.

sumber : vemale.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.