Tutorial Word 2013 Tips dan Trik Microsoft Word

Tutorial Word 2013 Tips dan Trik Microsoft Word

[ht_ticker id=”3″ Title=”Latest News” tbgcolor=”#353739″ tcolor=”#fff”]

Tentunya anda sudah tidak asing dengan microsoft word yang di design oleh Microsoft, salah satu tools yang paling sering digunakan di dunia ini untuk pembuatan dokumen, walaupun banyak aplikasi lainnya yang sejenis namun microsoft office masih menjadi primadona diantara tools sejenis.

Versi terbaru dari office word ini adalah versi 2013, ada beberapa tips dan trik yang menarik untuk disimak agar dapat menggunakan tools microsoft word ini dengan efisien dan cepat.  Tips dan Trik microsoft word 2013 diantaranya sebagai berikut :

1. Berpindah Dengan Cepat

Biasanya untuk berpindah antar dokumen kita akan menggunakan fungsi ALT + TAB, namun di microsoft word 2013 ini kita akan menggunakan fungsi SHIFT+F5, sehingga kita dapat berpindah antar dokumen dengan cepat.

2. Mengganti Lowercase menjadi Uppercase atau sebaliknya

Untuk merubah dari huruf kecil ke huruf besar atau sebaliknya dengan cepat, bisa digunakan shortcut ‘Shift+F3’. Caranya kata yang hendak dirubah harus di-block dulu, setelah itu tekan ‘Shift+F3’ beberapa kali hingga sesuai yang diinginkan. Trik ini sangat berguna ketika kita lupa mematikan CAPSLOCK saat mengetik.

3. Block Lebih Cepat dan Mudah

Untuk mem-block seluruh paragraf Anda bisa klik tiga kali area paragraf tersebut sedangkan jika hanya ingin mem-block satu kalimat bisa digunakan shortcut ‘CTRL+klik’ di area kalimat tersebut. Ada satu cara lain untuk mem-block dalam bentuk kotak seperti marquee tool pada Photoshop yaitu dengan cara tekan ‘Alt’ dan seret kursor mouse.

4. Menindahkan Text

Cara yang umum digunakan ketika kita ingin memindahkan text adalah dengan cara ‘copy+hapus+paste’. Sebenarnya untuk memindahkan text dengan lebih cepat kita bisa menggunakan shortcut ‘CTRL+F3’ untuk mengcopy sekaligus menghapus text kemudian tekan ‘CTRL+Shift+F3’ untuk mem-paste text tersebut. Hal ini bisa dilakukan juga pada Image atau pada text dari file dokumen lain.

Cara lain yang bisa digunakan adalah setelah mem-block tekan tombol F2 kemudian pindahkan kursor ke tempat yang diinginkan lalu tekan ENTER.

5. Ketik di area manapun pada sebuah halaman

Tahukah Anda bahwa kita bisa menggunakan sebuah halaman dokumen WORD seperti sebuah papan tulis dimana kita bisa menulis di sembarang tempat? Tinggal double klik di area manapun dalam sebuah halaman dan ketik kata yang ingin ditulis.

6. Konversi ke “Plain Text”

Pernahkah Anda mencopy paste sebuah artikel di internet dan ternyata hasilnya di WORD malah berantakan? Jika Anda ingin menghilangkan ‘styling’, Anda bisa mem-block dulu kemudian tekan ‘CTRL+Spacebar’ atau ‘CTRL+Shift+N’ untuk merubahnya menjadi ‘plain text’.

7. Automatic Page Break

Jika ingin membuat sebuah page break atau halaman baru, pernahkah Anda menekan ENTER berulang-ulang hingga sebuah halaman baru muncul? Ada cara yang lebih cepat yaitu dengan menekan ‘CTRL+Enter’. Jika Anda membuat page break secara manual, ketika Anda mengedit halaman sebelumnya maka halaman selanjutnya juga akan ikut berubah. Lain halnya ketika Anda membuat page break dengan ‘CTRL+Enter’.

8. Mengcopy Format Text

Shortcut ini akan sangat berguna ketika kita hanya ingin mengcopy format sebuah text dan bukan text-nya sendiri. Block dulu kata yang ingin dicopy formatnya kemudian tekan ‘CTRL+Shift+C’ untuk mengcopy format text tersebut. Sedangkan untuk mem-paste bisa digunakan ‘CTRL+Shift+V’. Seperti juga ketika kita mengcopy text dengan ‘CTRL+C’, format text tersebut tetap tersimpan dalam memori komputer selama program WORD belum kita tutup.

9. Mengulang Perintah Terakhir

WORD mengingat perintah terakhir yang Anda lakukan dan dengan menekan tombol F4 akan otomatis mengulang perintah tersebut. Ini akan sangat berguna ketika kita mengedit sebuah file. Untuk memahaminya coba Anda block sebuah kata lalu tebali dengan ‘CTRL+B’ kemudian block kata lain lalu tekan F4. Selamat mencoba.

Nah demikianlah tips dan trik microsoft word 2013 kali ini, tunggu tutorial word selanjutnya, jangan lupa untuk selalu praktek agar tips dan trik microsoft 2013 tersebut dapat anda gunakan dengan mudah dan cepat, selamat mencoba.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.