Tinggalkan Cara Manual Dalam Mengelola Toko

Tinggalkan Cara Manual Dalam Mengelola Toko

Selamat datang kembali di sifandy.com kali ini saya akan membahas mengenai pengelolaan toko secara tersistem. Jika pada masa lalu proses jual beli mengalami perubahan dari tukar menukar atau barter kemudian muncul uang sebagai nilai tukarnya, dan seterusnya hingga generasi komputer yang membantu proses jual beli tersebut, hingga akhir-akhir ini muncul mata uang digital seperti paypal dan sebagainya.

 Tinggalkan Cara Manual Dalam Mengelola Toko

Sebelum ada teknologi internet proses jual beli dilakukan dengan cara manual yaitu pelanggan datang ke toko kemudian proses jual beli pun terjadi dengan menggunakan mata uang manual diterima disertai dengan bon yang ditulis manual. Pada akhir hari pemilik toko akan melakukan rekapitulasi penjualan dengan menghitung seluruh bon yang tercatat kemudian membandingkan uang yang diterima serta melakukan pengecekan sisa persediaan (stock) yang tersedia apakah cocok atau tidak dengan bon yang tercatat.

Proses ini membutuhkan waktu yang relatif tidak sedikit dan memiliki resiko kesalahan yang sangat tinggi karena mmebutuhkan konsentrasi saat melakukan pengitungan bon dan sisa persediaan, karena jika tidak maka kehilangan uang penjualan dan stock persediaan sangat mungkin terjadi.

Namun untuk merubah proses yang sudah berlangsung sekian lama ini tidaklah mudah, kenapa? karena faktor kebiasaan. saya pernah melakukan riset di pasar dengan menunjukan proses kelemahan pencatatan secara manual dibandingkan secara tersistem dalam mengelola toko, namun berdasarkan hasil riset tersebut hampir 80% pemilik toko merasa ketakutan untuk menggunakan sistem dibandingkan dengan cara konvesional alis manual. Jika ditanya apa yang ditakutkan menggunakan sistem dibandingkan manual? jawabannya adalah tidak tahu, namun menurut saya pribadi ketakutan utamanya adalah tidak ingin mengeluarkan uang untuk sesuatu yang menurut mereka belum penting.

Kenyamanan para pemilik toko untuk mengelola usahanya secara manual dianggap lebih penting dibandingkan dengan kemajuan bisnisnya secara keseluruhan. Proses pencatatan keuangan yang manual menggunakan buku disertai dengan bon-bon sudah menjadikan mereka percaya dan memang terbukti dengan meningkatnya omset usaha mereka. Padahal jika mereka ingin mengontrol usahanya dengan lebih baik dan lebih tepat maka proses ini banyak sekali kelemahannya, seperti :

  1. Tidak tercatatnya penjualan seperti seharusnya
  2. Pencatatan yang salah karena kesalahan perhitungan
  3. Bukti transaksi yang hilang
  4. Persediaan yang hilang
  5. Omset yang tidak seperti kelihatannya.

Untuk itu sudah saatnya kita sebagai pemilik toko atau usaha, Tinggalkan Cara Manual Dalam Mengelola Toko mari kita menuju proses pengelolaan toko atau usaha yang lebih baik dengan menggunakan sistem. Menggunakan sistem pun banyak pilihannya, sistem yang sifatnya hanya untuk mengelola omset dan stock maupun sistem yang sudah mampu mengelola secara keseluruhan.

Apa yang harus kita kelola untuk meningkatkan omset usaha?

  1. Penjualan sudah pasti harus kita kelola dengan baik karena omset atau pendapatan ini berkaitan erat dengan berbagai siklus yang terjadi dalam mengelola ketersediaan persediaan, pengelolaan hutang yang berkaitan dengan pembelian persediaan atau pelunasan pinjaman yang berkaitan dengan pengembangan bisnis.
  2. Pembelian dalam mengelola bidang yang satu ini juga tidak bisa main-main, kenapa? karena hutang sangat erat kaitannya dengan keberlangsungan hidup sebuah usaha. Hutang yang besar tanpa pengelolaan yang baik tentunya akan berdampak kepada kepercayaan debitur untuk memberikan pinjaman kepada kita. supplier yang memberikan kredit jangka panjang tentunya tidak akan percaya jika kita tidak mampu melunasi hutang tepat waktu. Disamping itu juga tentunya bunga yang terjadi atas keterlambatan menjadi tambahan resiko yang harus diperhitungkan.
  3. Persediaan atau stock merupakan aset yang berharga untuk dijaga karena kehilangan stock tentunya akan berdampak kepada omset usaha. Bagaimana pengelolaan stock juga sangat penting, bayangkan jika anda pengusaha kuliner, anda harus berfikir bagaimana persediaan makanan yang anda jual harus terjual semua hari ini, karena jika tidak terjual maka kualitas makanan akan menurun dan tentunya ini akan berdampak kepada omset anda hari ini. Mungkin anda akan berfikir untuk menjual makanan tersebut esok harinya, namun jika pelanggan kecewa dengan makanan yang dia beli tentunya hari ini anda memiliki omset yang sesuai, kemudian hari pelanggan anda pergi karena tidak mendapatkan produk yang berkualitas. Oleh karena itu, pengelolaan stock sesuai dengan jenis stock itu sangat penting, karena harta perusahaan adalah persediaan itu sendiri, salah dalam pengelolaan stock maka berdampak kepada keberlangsungan usaha itu sendiri.
  4. Piutang menurut saya point selanjutnya yang terpenting adalah piutang (Uang yang belum tertagih karena penjualan yang bersifat non tunai, uang ini masih ada di pelanggan) pengelolaan piutang sangat penting karena uang yang dapat menunjang kegiatan usaha tidak berada di dalam toko melainkan masih berada di sisi pelanggan, oleh karena itu ketepatan waktu pengambilan uang dipelanggan sangat dijaga, karena jika pelanggan tidak mampu membayar di waktu yang ditentukan maka bisa berdampak kepada Piutang yang tak tertagih hal ini tentu berdampak kepada berkurangnya uang yang didapat toko untuk menunjang kegiatannya.
  5. Kas dan Bank Hal terakhir yang harus dijaga adalah pengelolaan uang tunai maupun uang yang berada dibank, penggunaan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan rencana yang telah disusun untuk pemenuhan kegiatan usaha seperti pelunasan hutang, pembelian persediaan, dan pembayaran biaya operasional akan berdampak kepada keberlangsungan usaha itu sendiri.

Penggunaan sistem untuk pengelolaan toko, tentunya akan berdampak kepada mempermudah pengelola toko atau pemilik toko dalam menganalisa sehingga mempermudah dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan usaha. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda memahami mengapa mengelola toko secara manual tidak lebih baik dengan menggunakan sistem. “Tinggalkan Cara Manual Dalam Mengelola Toko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.