Taman Kota Fatahillah

Taman Kota Fatahillah

Taman Kota Fatahillah Terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat atau di dekat Stasiun Jakarta Kota, untuk menuju ke lokasi ini terbilang sangat mudah. Jika anda berasal dari kota Bogor dan Bekasi maka transportasi yang paling mudah adalah menggunakan sarana kereta api dan berhenti distasiun akhir, yaitu stasiun Jakarta Kota.

Taman Kota Fatahillah ini terdiri dari beberapa bangunan utama yang paling terkenal tentu saja Musium Fatahillah.

Museum Fatahillahyang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi.

Gedung ini dulu adalah sebuah Balai Kota (bahasa Belanda: Stadhuis) yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintahGubernur JendralJohan van Hoorn. Bangunan itu menyerupai Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara.

Pada tanggal 30 Maret1974, gedung ini kemudian diresmikan sebagai Museum Fatahillah.

Sumber : Wikipedia

Menikmati Kerak Telor
Menikmati Kerak Telor

Jika anda ingin berkunjung ke Taman Kota Fatahillah ini saya menyarankan lakukan di sore hari, agar dapat menikmati suasana yang sejuk. Ditambah menikmati jajanan khas kota jakarta seperti Kerak Telor, Baso, Es Potong, Es Selendang Mayang, Gulali dan sebagainya.

aksi manusia patung
aksi manusia patung

Namun jangan hanya jajan ya, anda juga dapat menikmati suasana taman kota fatahillah ini dengan berfoto di meriam yang ada di kedua sisi depan musium, atau berfoto bersama aksi manusia patung dengan berbagai atribut kemerdekaan, namun kadang aksi manusia patung ini suka bikin iri dan cemburu loh, jadi waspadalah-waspadalah.

Kemudian kita juga bisa bersepeda santai dengan gaya tempo dulu (sepeda ontel) mengelilingi taman kota tua ini, atau bersepeda santai. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan disini. Namun hal yang pasti tidak dapat dihindari adalah keinginan untuk berselfie ria, karena banyak sekali objek yang sangat indah, jadi sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja.

Sepeda Ontel
Sepeda Ontel

Jangan lupa untuk mengunjungi musium yang ada di taman kota fatahillah ini yaitu

  1. Musium Fatahillah
  2. Musium Wayang
  3. Musium Keramik (Seni Rupa)

Jika telah lelah berkeliling, saya menyarankan untuk menikmati suasana cafe batavia, suasana restoran gaya dulu ini memberikan kesan menikmati kuliner khas jakarta dengan gaya kolonial tentu dengan cita rasa indonesia. Dijamin pasti anda ingin kembali menikmatinya. Untuk harga memang lebih mahal jika anda makan diluar cafe ini, namun saya menyarankan nikmatilah suasananya.

Suasana Cafe Batavia
Suasana Cafe Batavia

Cafe Batavia terletak di Taman Fatahillah menyuguhkan nuansa klasik dan iringan musik tempo dulu. Makanan yang tersedia bercita rasa Barat, China, ataupun Indonesia dengan menu andalan adalah Batavia’s Meat,  Seafood Grill, dan Lobster Thermidor. Menu makanan China yang tersedia adalah seperti bebek peking, ayam cabe keriting, ikan kerapu yang dimasak oleh chef asal Hongkong.

Sumber : wonderful indonesia

Jika perut sudah kenyang dan waktu sudah sore, bahkan menjelang malam jangan buru-buru pulang nikmati suasana malam di taman kota fatahillah ini, apalagi jika malam minggu dan hari-hari besar pasti akan banyak sekali kegiatan yang sepertinya tidak pernah selesai. Jadi jangan lupa untuk berkunjung ke taman kota fatahillah ya dan Ingat untuk selalu menjaga dan merawat taman ini demi generasi kita dimasa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.