Software Kasir Yang Cocok Untuk Bisnis Retail

Software Kasir Yang Cocok Untuk Bisnis Retail

Software kasir online saat ini banyak tersedia di internet, namun untuk memenuhi kebutuhan bisnis retail sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu yaitu :

1. Management Kasir

Salah satu fitur terpenting di dalam software kasir adalah management kasir, bagaimana aplikasi ini memanage kasir dalam melakukan transaksi seperti memasukan saldo awal (modal), tutup sesi transaksi. Disamping itu juga membutuhkan pelaporan yang terorganisir secara baik yaitu dengan menampilkan beberapa laporan transaksi sesuai dengan user kasirnya sehingga cetak tutup sesi biar pun dikirim ke kantor pusat dapat dicek oleh pihak kantor pusat secara online.

Software kasir
Software kasir

2. Software Kasir Mendukung Alat-Alat POS

Software Kasir Barcode Scanner
Software Kasir Barcode Scanner

Kriteria kedua yang perlu di pastikan adalah software kasir nya mendukung pos peripheral apa saja. Biasanya yang dibutuhkan adalah :

  • barcode scanner,
  • printer pos / printer kasir,
  • cash drawer (laci kasir)
  • customer display (pole display)
  • barcode printer.
Biasanya tidak semua merk/tipe alat di support oleh suatu program kasir, apabila anda terlanjurmembeli peralatan POS sebaiknya di tanyakan apakah kompatibel / disupport oleh aplikasi kasirnya.

3. Keamanan Terhadap Manipulasi Data

Apabila anda sudah pernah menggunakan software kasir sebelumnya biasanya langsung paham bahaya yang saya maksud. Banyak swalayan tutup karena kebobolan oleh karyawan yang main-mata dengan kasirnya. Berikut beberapa titik rawan yang harus bisa di aman kan oleh program kasir anda :

  • Editing : bisa merubah data penjualan sebelumnya, mengurangi item yang di jual, mengedit harga jual. Untuk menghindari hal tersebut maka dibutuhkan user management.
  • Void / Delete: bisa menghapus data penjualan baik beberapa item dalam satu faktur, ataupun menghapus satu faktur. Kembali lagi bagaimana sebuah aplikasi dalam membatasi hak akses dari masing-masing user, jika tidak ada pembatasan ini maka penyalahgunaan dapat terjadi.
  • Re-Print (cetak ulang struk) – Proses cetak ulang struk harus memenuhi kaedah yang berlaku untuk keamanan data yaitu dengan mencantumkan tulisan #COPY STRUK
  • akses ke database/file secara langsung –┬áData stok / harga bisa di manipulasi langsung lewat program luar (diluar software kasir) Perbedaan sistem berbasis local dengan online adalah dari sisi keamanan database, dengan berbasis online maka untuk dapat mengakses database memerlukan keahlian tersendiri karena selain data terenkripsi data ini pun terlindungi dengan berbagai level security.

4. User Friendly

Untuk mempercepat melayani pelanggan apalagi kalau toko pas ramai, software kasirnya harus enak dan mudah digunakan. Terutama untuk pencarian barang ketika barcodenya tidak bisa dikenali (kadang bisa tdk terbaca). Pencarian barang bisa dengan mengetikkan kode ataupun mencari berdasarkan nama barang ; dan hal ini perlu diperhatikan kecepatan aksesnya haruslah cepat (nggak lemot). Kecepatan ini biasanya teruji ketika toko anda sudah kembang dan menggunakan 5 kasir atau lebih baru akan keliatan mana software kasir yang bagus (cepat dan handal) dan mana yang lemot alias bikin anda pusing :)

5. Kapasitas dan Kehandalan

Ruang Server
Ruang Server

Salah satu kelemahan software kasir yang sering saya temui adalah pada awalnya nampak baik saja, namun begitu data sudah terakumulasi 1 tahun, 2 tahun mulai muncul gejala-gejala rewel, ngadat, error dan yang paling umum adalah kecepatan aksesnya turun drastis (makin lemot). Ada beberapa database yang saya ketahui memang memiliki batas kapasitas data yang terbatas sehingga setiap tahun customer disarankan untuk reset data menggunakan database baru (semua itu tentunya jika anda masih bahagia menggunakan software kasir offline sehingga memang management server harus anda perhatikan baik-baik) namun jika anda sudah menggunakan software berbasis cloud maka kecemasan tersebut sudahlah anda buang jauh-jauh, anda cukup berfikir bagaimana mengembangkan bisnis karena software kasir sudah memberikan pelayanan tersebut.

Hanya saja kelemahan dari aplikasi software kasir online adalah konektivity, untuk itu anda memerlukan software kasir yang mampu berfungsi tanpa koneksi dan saat koneksi tersedia maka sistem akan terotomatis syncronize data transaksi ke cloud untuk menampilkan informasi di website.

Hal kedua adalah kehandalan, yang saya maksud kehandalan adalah bisa di andalkan (bekerja dengan baik disaat di butuhkan). Pada bisnis ritel ketika customer sudah di kasir maka sales (penjualan) sudah di depan mata, kalau programnya sering2 error maka potensi kerugian akibat customer tidak jadi beli.

Berikut diatas beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum memilih software kasir. Satu hal lagi pastikan ada support yang didukung oleh team (bukan perseorangan) karena kelangsungan bisnis anda tidak bisa anda gantungkan pada sembarang software yang tidak ada jaminan supportnya. Selamat memilih software untuk bisnis anda ya :) sukses selalu untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.