Selamat Hari Pendidikan Nasional

Selamat Hari Pendidikan Nasional

Setiap Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Di peringatan Hardiknas tahun ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, peringatan Hardiknas tak bisa lepas dari sosok Ki Hadjar Dewantara. Karena itu Mendikbud mengajak masyarakat untuk mengembalikan semangat dan konsep Ki Hadjar Dewantara bahwa sekolah harus menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Ki Hadjar Dewantara menyebut sekolah dengan istilah “Taman”. Taman adalah tempat belajar yang menyenangkan.

Ki Hajar Dewantara
Ki Hajar Dewantara

Hardiknas memang tidak dijadikan sebagai hari libur nasional, namun peringatannya dirayakan secara luas di Indonesia. Peringatan Hardiknas biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, serta di kantor-kantor pemerintah, dari tingkat kecamatan hingga pusat, disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh Menteri Pendidikan.

Dalam naskah pidato Hari Pendidikan Nasional 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini mengambil tema ‘Pendidikan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila’. Kata kunci dari tema tersebut adalah “Gerakan”. Pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa. Karena itu pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata.

Namun menurut saya secara pribadi Hardiknas kali ini adalah bagaimana menciptakan manusia indonesia yang memiliki hati nurani, keahlian dan tidak memiliki mental sebagai pekerja. Sudah saatnya pendidikan di indonesia melakukan reformasi cara pengajaran dari mengajarkan menjadi mengarahkan sesuai dengan kemampuan dan keahlian anak didik, seorang guru tidak lagi mengajarkan sebatas teori dan anak didik hanya diam terpaku menerima teori yang diajarkan oleh gurunya, seorang guru harus bisa menanamkan keinginan yang kuat kepada anak didiknya untuk selalu belajar dan belajar.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.