Pot in Pot Cara Mendinginkan Makanan Tanpa Kulkas Listrik

Pot in Pot Cara Mendinginkan Makanan Tanpa Kulkas Listrik

Kebanyakan orang akan menggunakan kulkas atau lemari es untuk mendinginkan bahan makanan. Dengan menyimpan makanan di kulkas, maka makanan akan menjadi lebih tahan lama. Namun sayangnya tidak semua orang mampu membeli kulkas, terutama bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Membuat Kulkas Alami Sendiri

Untuk itu diperlukan alternatif lain untuk menyimpan makanan yang memiliki manfaat kurang lebih kulkas modern. Alat yang mirip kulkas tersebut adalah pot in pot. Penemuan inovatif ini dilakukan oleh Mohammed Bah Abba dari Nigeria pada tahun 1995.

Pot in pot merupakan kulkas alami yang tepat guna yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan buah dan sayur. Pot in pot tidak memerlukan aliran listrik, karena Anda hanya membutuhkan dua pot tanah liat yang berbeda ukuran, tanah dan air.

Kini kulkas pot in pot mulai digunakan oleh orang-orang kurang mampu di Afrika dan di beberapa tempat di berbagai negara. Tampak sederhana, tapi sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak mampu memiliki kulkas modern.

Penasaran seperti apa kulkas pot in pot? Simak penjelasan dan cara pembuatannya berikut ini :

PotinPot

1. Persiapan Bahan Kulkas Alami

Bahan-bahan untuk membuat pot in pot atau kulkas alami terdiri dari dua buah pot/guci yang berbeda ukuran (ada yang besar dan ada yang kecil), pasir, dan air.

Beri pasir pada dasar pot yang besar setinggi kira-kira 3 cm, lalu masukkan pot yang kecil ke dalam pot yang lebih besar itu.

PotinPot1

2. Cara Membuat Kulkas Alami

Kemudian isilah pasir di celah antara kedua pot tadi, lalu siram air ke pasir tersebut hingga basah semua pasirnya. Biarkan semalam agar suhu di dalam pot menurun dan dingin sehingga siap untuk digunakan menjadi kulkas alami.

PotinPot2

3. Cara Kerja Kulkas (Pot In Pot) Alami

Panas dari luar pot akan membuat air di dalam pasir menguap dan keluar melalui pori-pori pot besar, sehingga terjadi sirkulasi dengan udara kering di sekeliling pot in pot. Makanya suhu di dalam pot in pot bisa turun 15-25 derajat dari suhu di sekitarnya.

Jangan lupa tutup pot in pot dengan kain basah. Selamat mencoba!

Sumber : rumahku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.