Mudahnya Mengelola Toko Dengan Point of Sales

Mudahnya Mengelola Toko Dengan Point of Sales

banner

Memiliki sebuah bisnis tentunya idaman bagi setiap orang, namun pengelolaan bisnis yang seperti apa yang dapat membantu meningkatkan bisnis itu sendiri. untuk itu mari kita analisa bersama, saat ini terdapat 2 jenis pengelolaan yaitu yang sifatnya tradisional alias manual dan yang sifatnya menggunakan teknologi alias melek IT.

Tradisional Based

pasar modern
Gambar 1. Pasar Modern

Konsep tradisional tentunya dapat kita lihat di pasar-pasar tradisional dimana hampir 98% pelaku bisnis di pasar menggunakan konsep tradisional, walaupun saat ini muncul istilah pasar modern di BSD Tangerang, penulis melihat konsep transaksi jual beli masih bersifat cash alias tunai. Belum ada teknology yang membantu para pelaku bisnis ini untuk meningkatkan bisnisnya secara nyata.

Teknology Based

Konsep teknology tentunya dapat kita lihat di pasar-pasar modern seperti pusat perbelanjaan atau sering kita sebut mall, dan di dalam mall ini pun harus kita klasifikasikan kembali hanya berlaku untuk pelaku bisnis yang memiliki brand terkenal seperti starbucks, KFC, MCD, BreadTalk, Cardinal, Executive, Dsb

Bagi Brand tersebut kebutuhan Teknology untuk meningkatkan bisnis mereka sangat diperlukan, kemudahan proses transaksi, kecepatan transaksi, dan keamanan informasi data membuat brand tersebut dapat menganalisa pasar dengan cepat sehingga dapat melakukan sebuah tindakan yang efektif dan effisien untuk menguasai pasar dibidang mereka.

Manfaat Teknology Untuk Bisnis

Lalu muncul pertanyaan manfaat apa yang didapat jika teknology digunakan untuk bisnis? untuk menjawab pertanyaan tersebut maka kita harus melakukan beberapa analisa yaitu :

I. Market apa yang kita masuki

Ada berbagai macam jenis market diantaranya Kuliner, Jasa, Elektronik, Garment, Otomotif dan sebagainya. setiap market tentunya memiliki banyak pesaing didalamnya, untuk mengatasi persaingan tersebut tentu memerlukan sebuah strategi khusus yang dapat membantu bisnis kita untuk berkembang dengan pesat.

Banyak strategi yang dapat diterapkan yaitu

  1. Promosi melalui iklan baik di media cetak maupun media online.
  2. Buatlah pembeli anda sebagai agen promosi anda
  3. Buatlah pelanggan anda sebagai fans dari produk anda
  4. Berikan penawaran kartu diskon
  5. Minta testimoni dari pelanggan anda
  6. Bentuklah kemitraan
  7. Buatlah kegiatan sosial
  8. Buatlah sebuah kompetisi
  9. Cobalah untuk memenangkan sebuah penghargaan bisnis di komunitas bisnis anda
  10. Buatlah sebuah kartu bisnis yang menarik
  11. Tulislah sebuah artikel berita yang menarik
  12. Gunakanlah media social untuk penyebaran informasi bisnis anda
  13. Buatlah sebuah website
  14. Marketing online
  15. Mintalah para pakar untuk menulis di website anda
  16. Manfaatkan youtube

II. Kenali Kebutuhan untuk meningkatkan bisnis

Pesatnya perkembangan teknologi digital di Indonesia saat ini, membuat pola konsumsi berubah-ubah, baik di level konsumen maupun enterprise. Perubahan ini berpengaruh besar terhadap bagaimana para eksekutif perusahaan mengkaji kebutuhan teknologi perusahaan mereka, karena kini untuk bisa mengakses informasi dari perangkat apapun, kapanpun, dan di manapun sudah menjadi kebutuhan yang semakin meningkat. Kebutuhan ini menimbulkan tantangan bagi perusahaan untuk mampu menyediakan lebih banyak layanan kepada karyawan dan konsumen mereka, dalam batasan infrastruktur yang sudah ada, ditambah lagi dengan budget anggaran belanja IT yang kian menyusut dari tahun-ke-tahun, namun tanpa mengorbankan keamanan dan kinerja sistem IT perusahaan.

Tantangan lainnya yang juga dihadapi perusahaan adalah semakin berkurangnya anggaran IT, yang dikarenakan keputusan belanja IT tidak lagi berada di tangan pimpinan divisi IT melainkan di tangan pimpinan divisi bisnis. Hal ini lumrah dilakukan karena perusahaan mencari berbagai cara untuk meningkatkan daya saing mereka dalam menghadapi pasar bebas (MEA 2015) dan salah satu cara yang paling mudah  dilakukan adalah efisiensi biaya. Agar perusahaan mampu menjaga efisensi biaya namun tetap dapat menyediakan berbagai inovasi ke pasar serta meningkatkan layanannya, maka perusahaan membutuhkan solusi yang memungkinkan mereka untuk menerapkan berbagai teknologi yang penting bagi perusahaan melalui software. Solusi ini merubah model pembelanjaan anggaran dari CapEx (biaya investasi) menjadi OpEx (biaya operasional), karena itu, di masa depan, IT akan dianggap sebagai utilitas. Keuntungan bagi perusahaan adalah mereka mendapatkan fleksibilitas untuk bisa mengembangkan layanan IT mereka, hanya dengan menambahkan software yang dibutuhkan ke dalam server tanpa perlu menanamkan investasi berupa hardware; bayangkan penghematan anggaran yang bisa dilakukan oleh perusahaan!

Pada akhirnya layanan-layanan on-demand yang didapat model lisensi software akan banyak digunakan oleh perusahaan, karena mereka dapat menyediakan berbagai layanan dengan cepat tanpa harus mengeluarkan biaya investasi yang besar di awal. Dengan model lisensi, para eksekutif perusahaan akan mampu meningkatkan (atau menurunkan) skala layanan mereka kapanpun dibutuhkan dengan mudah dan biaya yang efektif.

Point Of Sales Solusi Pengelolaan Toko

Menu Transaksi Penjualan di Bostoko Android - pilih menu
Gambar 2. Point of sales Berbasis Android

Salah satu solusi yang ditawarkan untuk pengelolaan Toko adalah dengan menggunakan Point Of Sales. Software ini menawarkan untuk bantuan yang sangat cocok bagi para pelaku bisnis untukmeningkatkan kinerja bisnis yang diharapkan (Omset meningkat, laba meningkat), kecepatan dalam melakukan kegiatan transaksi (akurasi data trasnaksi penjualan) dan kecepatan dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan (produk apa yang paling diminati konsumen) membuat para pemilik menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi persaingan bisnis.

2 Comments

    1. sebenernya Point of sales (pos) hanya salah satu solusi dibanyak solusi lainnya dalam pengelolaan toko, dengan menggunakan pos diharapkan segala informasi yang dibutuhkan pemilik toko dapat diperoleh secara cepat, tentunya hal ini dapat anda bandingkan jika hanya menggunakan manual catatan, selain lama dan memerlukan waktu, juga membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi untuk memperoleh hasil akurat.

      Dengan POS anda hanya cukup, klik klik dan klik maka hasilnya pun dapat diperoleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.