Mengenal OpenIXP vs IIX

Mengenal OpenIXP vs IIX

Malam ini mumpung lagi di data center, dengan menggunakan koneksi openixp tentunya tidak ada hambatan dalam blokir-memblokir layanan kontent internet dari pemerintah alias internet positip.. Bingung kan?

Gini penjelasan sederhananya.. layanan internet openixp (open internet exchange point) IIX atau OpenIXP terdiri dari beberapa ISPs (Internet Service Provider) di seluruh Indonesia. Mereka saling “exchange” atau bertukar traffic antar satu dengan yang lainnya. Mereka tidak membayar satu sama lainnya ketika bertukar ini, jadi bisa dikatakan bahwa itu adalah “free” atau “unlimited” traffic. Misal, pengunjung menggunakan ISP X membuka web di ISP Y, maka mereka tidak membayar apapun dalam proses akses data tersebut.

Sedangkan IIX (Indonesia internet exchange) dijalankan oleh organisasi bernama APJII. Sedangkan OpenIXP dijalankan oleh perusahaan datacenter yang bernama IDC (Indonesia Data Center).

Nah ISP internet yang berplat merah biasanya menggunakan IIX sehingga aturan yang berlaku pun sesuai dengan regulasi dari pemerintah, sedangkan OpenIXP karena gabungan dari beberapa Isp maka sifatnya terbuka tidak ada batasan.

Karena malam ini posisi saya lagi ada di IDC (Indonesia data center) yang terletak di duren tiga, kalibata maka saya mencoba mengakses beberapa situs yang diblokir oleh pemerintah, salah satunya adalah vimeo. Sebuah situs video seperti youtube yang nasibnya kasian sekali diberikan label blokir oleh internet sehat.

Vimeo
Vimeo

Akhirnya akun saya di vimeo ini dapat diisi dengan video, berdasarkan pengamatan sekilas saya mengenai vimeo ini ada 2 jenis layanan yaitu free account dan subscriber account dengan kelebihan akses dan kecepatan yang diberikan layanan ini kepada pelanggan (rasanya jika content berlangganan ini diterapkan di indonesia tentu akan memberikan dampak bisnis yang tinggi, sehingga mohon maaf harus diblokir :) )

Untuk vimeo saya dapat diakses disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.