Memulai Bisnis dengan $100

Memulai Bisnis dengan $100

buku the $100
buku the $100

Ada sebuah buku the $100 yang menceritakan bagaimana anda dapat memulai sebuah bisnis hanya dengan $100, memiliki semangat tinggi, kantong tipis, laptop dan tidak begitu suka otoritas. Buku yang ditulis oleh Chris Guillebeau menjelaskan bagaimana anda dapat melakukan hal tersebut.

Bagaimana jika – dalam waktu dekat – Anda mempersiapkan diri untuk bekerja dengan sebuah laptop di rumah Anda, berjalan ke toko yang telah Anda buka, menelepon klien yang percaya terhadap saran Anda, atau melakukan apa yang Anda inginkan, bukan apa yang orang lain perintahkan?

Sebelum menulis, Chris mengumpulkan 1.500 orang yang mampu mendirikan UKM, dan yang sekarang telah mendapatkan USD 50.000 (sekitar Rp 615,9 juta) atau lebih per tahun dari bisnis tersebut. Kriterianya adalah bahwa usaha mereka harus dibangun dari investasi yang sangat kecil, biasanya sekitar USD 100 (sekitar Rp 1 jutaan). Chris secara sistematis menyeleksi mereka hingga menjadi 50 studi kasus yang paling menarik. Dalam setiap kasus, ia menemukan orang-orang tanpa keahlian khusus yang akhirnya mampu menggunakan passion pribadi mereka untuk mendapatkan keuntungan. Beberapa pembaca mungkin setuju dengan Chris bahwa orang-orang tersebut merupakan inovator sejati, tetapi yang lain mungkin hanya menganggap mereka sangat beruntung.

Dalam buku ini banyak diilustrasikan contoh kasus seperti seorang pria bernama gary left yang menemukan cara menggunakan Frequent Flyer Miles (program reward bagi penumpang setia sebuah maskapai penerbangan) untuk keliling dunia di kelas pertama. Teman-teman Gary terus meminta nasihat darinya. Ia akhirnya mendirikan website untuk membantu orang lain melakukan hal yang sama seperti yang ia lakukan – secara gratis. Apa yang dimulai sebagai bisnis sampingan ini akhirnya memberikan penghasilan hingga lebih dari USD 100.000 (atau sekitar Rp 1,2 miliar) per tahun hanya karena kebanyakan orang tidak ingin meluangkan waktu untuk mempelajari proses yang membosankan.

Chris menyoroti bagaimana melakukan sesuatu yang lucu di internet juga bisa menguntungkan. Ia menulis tentang seorang wanita bernama Nathalie Lussier yang kehilangan berat badan dan menemukan cara hidup yang baru dengan mengikuti diet makanan mentah. Nathalie mendirikan usaha konsultasi melalui webinar, kursus, dan pelatihan pribadi tentang bagaimana mereka bisa melakukan hal yang sama. Chris menulis, “Salah satu titik penting datang ketika Nathalie menemukan bahwa nama awal yang ia pilih, Raw Foods Switch (arti: beralih ke makanan mentah), juga bisa diucapkan seperti Raw Foods Witch (asti: nenek sihir makanan mentah). Nathalie akhirnya menggunakan karakter nenek sihir, berdandan dengan sapu dan memakai topi hitam […] Dalam setahun, bisnis berkembang hingga menghasilkan laba bersih USD 60.000 (Rp 739,1 juta).

Selain studi kasus unik, Chris juga menyediakan beberapa tool yang sederhana dan komprehensif bagi entrepreneur. Ini termasuk dokumen sederhana seperti rencana bisnis dan rencana promosi (dalam satu halaman), serta tujuh langkah pengujian pasar.

Nah mungkin buku ini akan menjadi salah satu solusi bagi kita yang ingin memulai bisnis, namun masih bingung untuk melakukan apa? gunakan passion anda dalam menentukan bisnis yang akan anda jalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.