Memasak Itu Menyenangkan

Memasak Itu Menyenangkan

Hari ini sifandy mencoba hal baru yaitu memasak ikan balado, seumur-umur yang namanya masak baru pertama kali dilakukan hanya dengan informasi yang diperoleh dari ibu untuk segala bahan dan bumbunya. Proses memasak pun dimulai dengan mempersiapkan :

  1. Ikan Tongkol dengan harga 12.000 isi 4 potong untuk ukuran beratnya saya tidak pernah tanya :)
  2. Ikan Kembung dengan harga 19.000 isi 3 potong karena ukurannya yang besar-besar
  3. Cabai Merah dan Cabe Rawit dengan harga 4.000
  4. Bawang Merah dengan harga 3.000
  5. Bawang Putih dengan harga 3.000
  6. Tomat dengan harga satuan 500 maka beli sebanyak 4 buah

Maka Proses memasak pun dimulai yaitu dengan mempersiapkan bumbu untuk ikan balado yaitu dengan komposisi bumbu sebagai berikut

  1. 10 Cabe Merah, disesuaikan dengan selera kepedasan yang ingin diperoleh
  2. 4 Cabe Rawit, disesuaikan dengan selera kepedasan yang ingin diperoleh
  3. 10 Bawang merah
  4. 3 Bawang putih
  5. 2 Tomat untuk ukuran sedang dan 1 tomat untuk ukuran besar
  6. 1 Sendok makan gula pasir
  7. 1 Sendok garam disesuaikan
  8. 1 Potongan sekuku (tidak tau nama ukurannya) untuk gula merah
bumbu-sambal
Bumbu Sambal

Nah bumbu itu tinggal di blender saja sampai halus, namun sebelum dibelender sebaiknya bumbu ini kecuali bawang dan gula direbus terlebih dahulu, jika anda bertanya apa alasannya ini yang saya belum ketahui kenapa mesti direbus terlebih dahulu? Namun jika melihat tukang pecel lele mereka dalam membuat bumbu sambal untuk pecelnya cabe dan tomat memang mereka rebus terlebih dahulu untuk menghasilkan bumbu sambal yang nikmat. Blender bumbu tersebut tanpa perlu air karena airnya akan muncul sendiri dari tomat, kemudian jika telah halus dan berair maka langkah selanjutnya adalah membersihkan ikan yang akan kita gunakan, biasakan untuk membersihkan ikan hingga ke bagian dalamnya.

Untuk ikan tongkol membersihkannya tidak terlalu sulit, namun untuk ikan kembung proses pembersihannya anda tidak perlu memotong bagian badannya untuk mengeluarkan usus dan bagian dalam ikan tersebut, caranya cukup simple ternyata, anda hanya perlu menarik usus dan bagian dalamnya dari ingsang, maka bersih

Nah disini ada satu kunci yang hilang yaitu setelah dibersihkan saya tidak tau menggunakan bumbu apa yang dapat membuat ikan menjadi lebih nikmat, saat ini saya hanya menambahkan garam dan air jeruk nipis saja. kemudian setelah itu kita goreng ikannya, nah setelah matang ikannya langkah selanjutnya adalah menyiapkan bumbunya.

Memasak-itu-nikmat
Memasak itu Nikmat

Bumbu yang telah dibelender sebelumnya kita panaskan setelah tercium wanginya, langkah selanjutnya masukan ikan ke dalamnya panaskan beberapa saat setelah dianggap merata maka telah selesailah proses memasak ikan balado. Maka ikan balado siap untuk disantap dengan nasi hangat. Ternyata memasak itu Menyenangkan loh, kita dapat berkreasi untuk menghasilkan kenikmatan dalam setiap masakan yang dihasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.