Mau Tahu Tips Hilangkan Aroma Durian? Pejamkan Mata…

Mau Tahu Tips Hilangkan Aroma Durian? Pejamkan Mata…

BENGKULU, KOMPAS.com — Musim buah durian tiba di Bengkulu. Banyak masyarakat yang membeli buah berduri dan berdaging manis legit ini, tetapi tidak sedikit pula yang tak suka dengan aromanya. Walau demikian, ada tips aneh yang terbukti dapat menghilangkan baunya yang tajam itu.

Irna, salah seorang pedagang durian di Desa Bajak, Kabupaten Bengkulu Tengah, memberikan kiat agar aroma durian hilang dari tangan, yakni mencuci tangan sambil memejamkan mata.

“Bau durian kadang mengganggu orang yang tak suka. Mau Tahu Tips Hilangkan Aroma Durian? Pejamkan Mata… coba cuci tangan sambil pejamkan mata, dijamin baunya langsung hilang dari tangan kamu,” kata Irna.

Awalnya, Kompas.com tak percaya. Sedikit ragu,perintah Ibu Irna mencuci tangan di sebuah ember berisi air sambil memejamkan mata pun akhirnya dicoba. Ajaib, bau durian di tangan serta-merta hilang. Pengunjung lain pun memperoleh hasil yang sama setelah mencuci tangan sambil terpejam.

Durian1

Irna menyebutkan, metode ini ia dapatkan secara tak sengaja saat matanya kelilipan ketika sedang membuat tempoyak. Saat itu, ia serta-merta mencuci tangannya dalam kondisi mata terpejam. Irna lalu terkejut saat tangannya kemudian tidak lagi beraroma durian.

Sementara itu, sebagian warga Bengkulu menyebutkan bahwa cara tersebut telah lama diketahui oleh masyarakat secara-temurun.

Selain persoalan bau, durian yang dimakan juga bisa menyisakan suhu panas pada tubuh. Untuk mengatasi hal ini, warga meyakini, panas tubuh tak akan bertambah jika kita minum air dengan menggunakan kulit durian.

Sumber : Kompas 19 Desember 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.