Market itu Egois

Market itu Egois

Banyak di luar sana yang mengatakan, kalau mau bisnis, follow your passion. For me, that’s sucks. Kecuali passion Anda adalah berbisnis, maka passion dan bisnis adalah dua hal yang berbeda.

Sudut pandang yang pertama adalah ketika berkecimpung di dunia fitnes selama hampir 14th, banyak teman-teman saya yang hobbynya fitness, tiap hari ke gym, olahraga dan menjadi what so called ‘passion’. Lalu ketika beranjak dewasa dan ingin mendapatkan income, pikiran terdekatnya adalah buka gym. Buka masalah buka gym investasinya kecil atau besar, tetapi mengelola sebuah gym sangatlah berbeda dengan berlatih di dalam gym (passion). Totally different!

Ada juga yang passionnya di bidang musik, kemudian mencoba membuat sekolah musik. Hasilnya ya begitu-begitu saja, hanya cukup untuk uang saku doank. Suka bermain musik berbeda dengan marketing sekolah musik, mencari murid, memanage karyawan. Begitu juga dengan hobby masak. Inventory gudang, FIFO stock supaya tidak expired, memanage karyawan, semuanya itu berbeda dengan urusan passion, dan semua itu harus dipelajari.

Sudut pandang yang lain adalah bahwa market tidak peduli dengan passion kamu. Market tidak akan memberimu uang karena kamu suka bermain musik (don’t think about pengamen). Market tidak akan memberimu uang karena kamu suka memasak or melukis. Market itu EGOIS. Coba balik ke diri Anda masing-masing. Kalau Anda mengeluarkan uang, itu apakah ketika tahu bahwa orang lain suka melukis? You don’t care, right? Anda mengeluarkan uang kl dia memberikan lukisan itu kepada Anda, but that’s a different story.

Market tidak butuh passion Anda. Yang dibutuhkan market adalah: Value, Solusi, Entertainment, Benefit, Pain Killer, masih panjang daftar yang lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan your passion.

Terus kenapa semua orang bilang ‘follow your passion’? Ya karena itu adalah a nice thing to say, ya kan Will it make you rich? You need more than passion to be rich

Sumber : Startupbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.