Mari Kita Menjaga Rasa Kemanusiaan

Mari Kita Menjaga Rasa Kemanusiaan

Apakah anda Manusia?

Apa yang terjadi jika kita sebagai manusia kehilangan rasa kemanusiaan? tentunya adalah kita tidak dapat dikatakan sebagai manusia. Saat perbedaan yang ada diantara kita menjadikan itu sebagai batasan untuk membantu atas sesama tentunya hal ini akan bertentangan dengan hati nurani. Sebagai sesama manusia apa pun warna kulitnya, apa pun bahasanya, apa pun sukunya, dan apa pun keyakinannya, mereka adalah saudara yang harus kita selalu jaga dan hormati.

Dalam islam diajarkan manusia itu diciptakan untuk saling mengenal satu sama lain tanpa pandang bulu, seperti di dalam surat Al-Hujuraat:13

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍۢ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًۭا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌۭ

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Jadi sebagai muslim tentunya kita sangat sedih jika ada sebagian dari saudara-saudara kita menggunakan agama untuk menjatuhkan saudara kita yang berbeda. Tentunya akan bertentangan dengan apa yang diinginkan oleh Tuhan kepada kita manusia ini.

Sebagai negara dengan muslim terbesar di dunia, Indonesia sudah sepatutnya menjaga persatuan dan kesatuan dengan memelihara rasa kemanusiaan terhadap saudara-saudara kita yang berbeda dengan tidak menindas mereka. Perbedaan yang terjadi bukanlah sebuah alasan untuk memusuhi mereka di tanah nusantara ini, karena nusantara ini tercipta bukan karena islam namun karena rasa cinta yang sama diantara kita islam, kristen, hindu, budha, konghucu dan berbagai agama lainnya untuk menjadikan tanah nusantara ini bebas dari penjajahan.

Untuk itu mari kita jaga rasa kemanusiaan kita dengan menjaga dan menghormati saudara disekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.