Konsep Konsinyasi di Aplikasi Kasir Bostoko

Konsep Konsinyasi di Aplikasi Kasir Bostoko

banner

Kumpulan tutorial gratis – Bagaimana menerapkan konsep konsinyasi di dalam aplikasi kasir bostoko? sebelumnya konsinyasi adalah proses penitipan barang oleh supplier kepada pemilik toko dengan imbalan persentasi penjualan. Dalam penerapannya, persentasi yang diberikan kepada pemilik toko adalah sebesar kesepakatan diantara mereka.

Lalu bagaimana penerapannya didalam aplikasi kasir bostoko?

Kata kunci untuk penerapan konsinyasi di dalam aplikasi kasir bostoko adalah sebagai berikut :

  1. Barang yang diterima oleh pemilik toko dari supplier konsinyasi adalah bukan milik toko, melainkan barang titipan.
  2. Pengakuan yang harus dibayarkan oleh pemilik toko kepada supplier adalah sebesar jumlah barang yang telah terjual.

Dengan dua informasi tersebut maka untuk menerapkan konsep konsinyasi secara manual di dalam aplikasi kasir bostoko, yang belum memiliki fitur konsinyasi adalah dengan solusi sebagai berikut :

  1. Setiap pengiriman barang oleh supplier, dengan penambahan stock melalui fitur opname.
  2. Setiap penjualan yang terjadi baik melalui point of sales atau invoice akan mempengaruhi sisa stock yang di laporan stock card
  3. Setiap akhir hari dibuatkan invoice supplier untuk barang yang telah terjual dihari itu, dengan menyimpannya dalam status draft.

    Invoice Supplier Draft
    Invoice Supplier Draft
  4. Pembuatan invoice supplier dengan status draft ini tentunya tidak akan mempengaruhi jumlah stock di laporan stock card.

    Stock Card
    Stock Card
  5. Setiap akhir bulan, pada saat ingin membayar supplier konsinyasi tersebut maka setiap draft invoice supplier dirubah statusnya menjadi approval untuk diakui sebagai hutang, dan kemudian dilakukan pembayaran.
  6. Sisa stock yang tersedia di laporan stock card maka harus diopname untuk menghapuskan sisa stock milik konsinyasi tersebut.

Demikianlah tutorial mengenai konsinyasi yang saya pikir dapat menjadi solusi di dalam aplikasi kasir bostoko, semoga tutorial konsinyasi ini dapat berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.