Kode Plastik Yang Wajib Diketahui

Kode Plastik Yang Wajib Diketahui

Suka beli air minum kemasan, kemudian suka menggunakan botol air kemasan tersebut untuk isi ulang, disamping karena tidak punya tempat air minum dan maunya yang praktis saja seperti saya ini. Maka mungkin harus berfikir ulang untuk menggunakan botol plastik air kemasan tersebut berulang-ulang.

Berikut adalah kode plastik yang wajib diketahui dan dipahami penggunaannya

kode plastik
kode plastik

Plastic Resin Code - 1 PETE_png

Plastic Resin Code – 1 PETE

PETE atau PET (Polythylene Terephthalate) Memiliki label angka satu (1) dalam segi tiga biasa dipakai untuk botol plastik yang transparant atau tembus pandang seperti botol air mineral. Botol-botol ini tidak direkomendasikan untuk digunakan berkali-kali dan digunakan untuk diisi dengan air hangat atau panas.

Plastic Resin Code - 2 HDPE_png
Plastic Resin Code – 2 HDPE

HDPE (High Desinty Polyethylene) Memiliki Label angka dua (2) dalam segi tiga biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. Di rekomendasikan hanya untuk digunakan sekali pakai.

Plastic Resin Code - 3 PVC
Plastic Resin Code – 3 PVC

PVC (Polyvinyl Chloride) Memiliki label angka tiga (3) dalam segi tiga plastik adalah plastik yang paling sulit di daur ulang. Plastik ini biasa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap) dan botol-botol. Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

Plastic Resin Code - 4 LDPE_png
Plastic Resin Code – 4 LDPE

LDPE (Low desinty Polythylene) memiliki label angka nomor empat (4) dalam segi tiga biasa dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek. Barang-barang berkode ini dapat didaur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Barang ini biasa dibilang tidak dapat dihancurkan tetapi baik untuk tempat makanan.

Plastic Resin Code - 5 PP
Plastic Resin Code – 5 PP

PP (Polypropylene) memiliki angka label nomor lima (5) dalam segitiga adalah pilihan terbaik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Karekteristik botol ini transparant yang tidak jernih atau berawan.

Plastic Resin Code - 6 PS_png
Plastic Resin Code – 6 PS

PS (Polystyrene) memiliki label angka nomor enam (6) dalam segitiga biasa digunakan sebagai tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dll. Bahan PS ini bisa membocorkan bahan styrene berbahaya ke otak dan sistem syaraf.

Plastic Resin Code - 7 OTHER_png
Plastic Resin Code – 7 OTHER

Other (Polycarbonate) memiliki label angka nomor tujuh (7) dalam segitiga bisa didapatkan di tempat makanan dan minuman seperti botol minuman olah raga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon.

Setelah kita mengetahui jenis-jenis Plastik Resin Code maka sebaiknya kita menggunakan botol dengan tipe PP untuk kebutuhan minuman kita sehari-hari, waspadalah bahaya dari bahan plastik yang dapat mengganggu kesehatan tubuh jika kita salah menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.