Kegunaan Domain untuk Merek Dagang Anda?

Kegunaan Domain untuk Merek Dagang Anda?

Kenapa Merek Penting Bagi Usaha Anda?

Merek
Merek

Pernahkah terbayang jika memiliki bisnis maka orang-orang selalu ingat dengan merek yang anda jual tersebut, sebut saja KFC, MCD, Starbuks, Pecel Lele Lela, JCO dan sebagainya. Semua itu adalah merek atau brand yang telah dibangun puluhan tahun dengan keberhasilan mempertahankan pelanggan dengan rasa nyaman yang diberikan oleh merek tersebut kepada para pelanggannya.

Merek akan terbentuk pada saat pelanggan pertama kali menggunakan produk tersebut dan merasakan kenikmatan atau kenyamanan sehingga tidak akan pindah ke lain hati. Pada saat pelanggan anda merasakan hal tersebut maka merek anda telah terbentuk.

Proses pembentukan merek memang tidak sesimple apa yang dikatakan butuh kerja keras dalam hal mempersiapkan produk sehingga benar-benar mampu membuat pelanggan atau calon pelanggan merasakan kepuasan. Karena tanpa sebuah kepuasan maka merek anda tersebut tidak akan tercipta.

Apa Hubungan Domain dengan Merek?

Domain-Merek
Domain-Merek

Berbicara domain dengan Merek tentu tidak ada hubungannya, apa pun merek anda jika telah mengena di dalam sanubari pelanggan anda, maka merek anda akan selalu dikenal oleh pelanggan. Proses penyebaran merek anda tentu akan terjadi melalui mulut ke mulut, berdasarkan pengalaman pelanggan anda tersebut kepada calon pelanggan.

Namun dengan adanya domain yang mewakili merek anda, tentu para calon pelanggan tidak akan merasakan kesulitan dalam memperoleh informasi mengenai merek yang ada tawarkan kepada mereka, mencari tau merek anda semudah membalikan telapak tangan. Kapan pun calon pelanggan anda membutuhkan informasi mengenai merek anda, cukup dengan menuliskan domain anda di mbah google maka merek anda akan muncul.

Pengertian domain jika diartikan secara umum maka Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Namun menurut saya secara bahasa sederhana, domain adalah nama yang mewakili merek anda sehingga dapat diakses calon pelanggan/pelanggan anda sehingga dapat memperoleh informasi/melakukan kegiatan bisnis secara online.

Apa Dengan Domain Dapat Meningkatkan Omset Usaha?

Domain-Merek-Omset
Domain-Merek-Omset

Semakin terkenal merek anda dimata pelanggan/calon pelanggan maka omset anda akan meningkat, namun jika anda baru memulai usaha tentu saja kualitas dari produk yang ditawarkan kepada calon pelanggan akan menjadi penentu merek anda akan dikenal atau akan dikenang, jika hanya dikenal maka kualitas produk harus ditingkatkan kembali, jika anda bisa membuat produk anda tidak terlupakan dan memberikan kesan yang sangat baik kepada calon pelanggan pada saat pertama kali menggunakan maka omset usaha anda dapat dipastikan akan meningkat.

Jadi apakah domain dapat meningkatkan omset usaha? Jawabannya adalah TIDAK, seperti yang sudah dijelaskan diatas domain itu hanya alat bantu untuk memperkenalkan produk anda secara lebih luas, jika sebelumnya melalui mulut ke mulut maka dengan domain tentunya anda dapat memperkenalkan produk anda ke seluruh dunia sehingga nilai tambahnya adalah meningkatnya omset usaha anda, dan meningkatnya nama usaha anda dimata pelanggan atau calon pelanggan.

Berapa sih investasi yang harus dikeluarkan untuk membuat Domain dan alat-alat lainnya?

Investasi
Investasi

Jika dihitung-hitung nilai investasi yang harus dikeluarkan oleh pengusaha dalam membuat domain yang mewakili merek dagangnya sehingga dapat diakses oleh seluruh orang di dunia ini adalah sebagai berikut:

  1. Domain : Nilai Investasi per tahun sebesar kisaran IDR 150.000 tergantung jenis domain yang diinginkan silahkan cek disini.
  2. Hosting : Nilai Investasi Per tahun sebesar IDR 420.000 untuk 1GB tergantung kapasitas server yang diinginkan. Sudah termasuk cpanel untuk mengelola hosting ini.
  3. Website : Ada beberapa jenis website yang ditawarkan yaitu website informasi atau website e-commerce, untuk nilai investasinya akan disesuaikan dengan kebutuhannya.
  4. Email : Dengan memiliki domain dan hosting maka anda sudah dapat menggunakan email dengan merek anda contohnya adalah info@domainanda.com dengan menggunakan email seperti ini maka gengsi anda dimata klien/calon klien akan menjadi lebih tinggi lagi.

Bagaimana memilih domain yang tepat?

choose-domain-names
choose-domain-names -blog.jejualan.com
  1. Pilih nama domain yang sesuai dengan bisnis anda atau merek anda.
  2. Pilih nama domain yang mudah diingat
  3. Gunakan TLD (Top Level Domain) berekstensi .com untuk nama domain anda, karena extensi ini paling banyak dan mudah diingat oleh orang.
  4. Jangan menggunakan nama domain yang berbau sara dan porno karena hanya akan merugikan anda dikemudian hari.
  5. Hindari penggunaan angka, tanda seperti (-)
  6. Jangan pernah membeli nama domain yang sudah menjadi merek dagang seperti amazon.com, yahoo.com atau yang mirip dengan merek dagang tersebut karena hanya akan membuat anda dituntut oleh merek dagang tersebut.
  7. Beli domain dari registrant yang terpercaya dan harga terjangkau. Salah satu registrant yang sering saya gunakan adalah ntech

Jadi demikianlah hubungan domain dengan merek anda, walaupun tidak secara langsung dapat meningkatkan omset usaha anda, domain dapat memperkenalkan produk anda secara lebih luas sehingga nilai tambahnya adalah meningkatkan omset dan professional usaha anda dimata pelanggan atau calon pelanggan.

Jika anda mengalami kesulitan dalam mengonlinekan usaha anda, maka silahkan hubungi kami di ntech

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.