Kata Kunci Panjang Untuk SEO

Kata Kunci Panjang Untuk SEO

Kata kunci panjang atau bahasa planetnya long tail keyword smile emotikon, merupakan kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih. Kata kunci jenis ini sangat saya rekomendasikan untuk toko online Anda, terutama jika toko online Anda masih baru. Kenapa demikian?

Pemilihan kata kunci panjang bukan tanpa alasan, tapi ada banyak alasan kenapa Anda harus memilihnya di awal. Berikut diantaranya :

1. Persaingan lebih rendah

Biasanya menggunakan kata kunci panjang tingkat persaingannya jauh lebih rendah dari kata kunci pendek, sehingga toko online Anda tidak memerlukan optimasi yang berlebih untuk mendapatkannya. Toko Online baru ibaratnya adalah bayi yang baru lahir, terlalu berbahaya jika Anda memintanya langsung berlari. Anda perlu mengajarinya merangkak, berdiri, berjalan baru kemudian berlari.

Dengan kata kunci persaingan rendah Anda tidak perlu melakukan over optimasi, hanya melakukan optimasi dari dalam toko onlinenya saja sudah mampu membuat toko online masuk halaman satu Google. Berbeda ketika Anda menargetkan kata kunci persaingan tinggi yang memerlukan banyak backlink (link dari situs lain yang mengarah ke toko online Anda) untuk membuat toko online Anda masuk halaman satu Google.

Toko online yang baru lahir tiba-tiba mendapatkan ribuan backlink, tentunya akan membuat Google curiga. Dari mana backlink didapat, sementara kunjungannya saja masih terhitung jari. Kecurigaan Google akan menyebabkan toko online Anda terkena hukuman. Yang terburuk, toko online Anda hilang dari halaman pencarian dan tidak bisa ditampilkan lagi.

Google mengharapkan backlink terjadi secara natural, yaitu backlink yang diberikan pengunjung karena mereka benar-benar menganggap konten Anda merupakan konten yang bermanfaat. Dengan sendirinya mereka share di situs lainnya, seperti sosial media dan blog yang mereka miliki.

Ini alasan utama saya merekomendasikan kata kunci panjang untuk toko online baru. Biasanya saya menargetkan 2-3 kata kunci panjang masuk halaman satu Google, sebelum menargetkan kata kunci pendek yang persaingannya lebih tinggi.

Setelah toko online Anda berada di halaman satu pencarian dari beberapa kata kunci panjang, otomatis kunjungan sudah mulai berdatangan dari kata kunci tersebut. Sehingga, ketika Anda membuat backlink untuk menargetkan kata kunci dengan persaingan tinggi, tidak akan menimbulkan kecurigaan Google.

2. Target lebih spesifik

Kata kunci panjang juga membuat target Anda lebih spesifik, seperti yang sudah saya tuliskan dibeberapa tulisan sebelumnya.

Misalnya, Bisnis Anda adalah rias pengantin yang hanya melayani permintaan untuk wilayah Jakarta, maka kata kunci “Rias Pengantin Jakarta” atau “Rias Pengantin di Jakarta” lebih tepat sasaran untuk Anda ambil. Orang yang mengetikan kata tersebut, sudah pasti orang yang membutuhkan jasa rias pengantin untuk pengerjaan di wilayah Jakarta.

Bedakan ketika Anda hanya menargetkan kata “Rias Pengantin”, tentunya orang dari luar Jakarta pun akan mengontak Anda. Ini juga akan membuat Anda sibuk menjawab pertanyaan dari orang-orang yang bukan target market Anda. Sudah cape-cape follow up, setelah deal, ternyata pengerjaannya untuk wilayah Papua, tidak bisa Anda ambil juga kan smile emotikon.

3. Mendapat banyak kata kunci sekaligus

Ini alasan yang paling Joss. Menargetkan kata kunci panjang memungkinkan Anda mendapatkan lebih dari satu kata kunci dengan sekali optimasi.

Misal, Anda menargetkan kata kunci ” Toko Buku Online Terlengkap” jika terus dioptimasi, maka kata kunci yang akan Anda dapatkan nantinya :
1). Toko buku online terlengkap
2). Toko buku online
3). Toko buku
4). Buku Online Terlengkap
5). Buku Online

Ke 5 kata kunci ini bisa Anda dapatkan dengan sekali optimasi. Tentu saja, masuk ke halaman satu Google-nya tidak sekaligus, namun satu persatu. Biasanya yang masuk lebih dulu adalah kata kunci panjangnya, baru diikuti kata kunci lainnya. Dengan syarat, terus dioptimasi walau sudah masuk halaman satu untuk kata kunci panjang.

Semoga tulisan ini memberikan Anda pengetahuan lebih tentang Optimasi Toko Online, terutama dari segi SEO. Share agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Sumber : Defri SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.