Kapan Indonesia Memiliki Kapal Induk?

Kapan Indonesia Memiliki Kapal Induk?

Indonesia yang terletak diantara dua benua asia dan australia, serta diantara dua samudera pasifik dan hindia menyebabkan indonesia secara geografis sebagian besar adalah laut.

Indonesia merupakan negara kepulauan; terdiri dari pulau-pulau dengan dikelilingi oleh lautan yang luas. Terdiri dari sekitar 13.667 pulau, dengan luas daratan 1.922.570 km2 dan luas perairan lautnya mencapai 3.257.483 km2 (belum termasuk perairan ZEE). Panjang garis pantainya mencapai 81.497 km2; merupakan garis pantai terpanjang di dunia. Jika ditambah dengan ZEE, maka luas perairan Indonesia sekitar 7,9 juta km2 atau 81% dari luas keseluruhan (P. Ginting dkk, IPS-Geografi, hal.17)

Dengan kondisi tersebut sudah sepantasnya indonesia memiliki armada laut yang sangat kuat untuk mempertahankan Indonesia dari segala ancaman yang hadir untuk mengganggu kedaulatan Indonesia. Pada masa lalu di masa kerajaan Majapahit, Nusantara dikenal dengan armada laut yang luar biasa, jadi sudah sepantasnya saat ini Indonesia wajib memiliki armada laut yang hebat.

uss abraham lincoln
uss abraham lincoln

Sedangkan saat ini kekuatan laut indonesia jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga masih sangat jauh dari kata ideal dengan luas laut indonesia yang sangat luas ini, untuk itu memang dibutuhkan keseriusan pemerintah indonesia dalam menjaga kedaulatan bangsa ini.

Armada Laut Indonesia
Armada Laut Indonesia

Entah apa yang menjadi pertimbangan pemerintah dalam menambah armada lautnya tidak dengan signifikan, namun dengan sejarah yang menunjukan kepada kita bahwa di masa lalu indonesia dikenal dengan kemampuan pelautnya yang tangguh dan beberapa kali melakukan kerja sama dalam pembuatan kapal dengan para ahli kapal dunia, kenapa di masa sekarang indonesia tidak berkerja sama dengan beberapa negara yang mampu untuk menghasilkan kapal induk seperti Amerika, atau bahkan Russia.

Russia saya pikir menjadi solusi tersendiri jika pemerintah ingin melakukan kerja sama pembuatan kapal induk, karena saat ini bangsa uni soviet ini sedang membangun ulang kapal induk untuk kebutuhan militer mereka. seperti yang diberitakan oleh http://indonesia.rbth.com/

Rusia Berencana Membangun Kapal Induk Pertama Pasca-Soviet, Bangkitkan Kembali Aviasi Laut

Pada awal Maret lalu, Wakil Komandan Angkatan Laut Rusia Laksamana Igor Kasatonov mengumumkan Rusia akan membangun kapal induk. Pembuatan kapal induk tersebut diperkirakan akan dimulai pada 2025.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.