INGIN MEMILIKI TOKO ONLINE SENDIRI

INGIN MEMILIKI TOKO ONLINE SENDIRI

Memiliki sebuah toko baik offline maupun online merupakan sebuah keharusan bagi setiap pemilik bisnis retail, menunjukan produk yang dijual kepada calon pelanggan sangat penting untuk menarik minat calon pelanggan kepada produk yang di pajang dalam toko tersebut. Namun untuk beberapa pengusaha retail dalam tahap awal bisnis terkadang tidak memiliki cukup modal untuk membuat sebuah toko offline karena biaya sewa yang terlalu mahal, solusinya yang biasa dilakukan adalah dengan menitipkan produk ke toko lain alias dengan konsep konsiyansi.

Konsinyasi
Konsinyasi

Konsinyasi adalah menjual suatu / banyak barang dengan cara pemilik menitipkan barang tersebut kepada pihak lain dengan harga dan syarat yang telah disetujui oleh kedua pihak dalam suatu perjanjian.

Consignor adalah pihak yang menitipkan barang sedangkan Consignee adalah pihak yang menerima titipan barang. Biasanya dalam perjanjian konsinyasi terdapat hak dan kewajiban kedua belah pihak termasuk jumlah komisi yang akan didapat pihak Consignee dari pihak Consignor

SECARA AKUNTANSI

Pencatatan Transaksi Konsiyansi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Penerimaan Barang konsiyansi
    1. Persediaan Barang Konsinyasi(Debet)
    2. Hutang Barang Konsinyasi (Kredit)
  2. Penjualan Barang konsinyasi Tunai
    1. Cash / Bank (Debit)
    2. Penjualan Konsinyasi (Kredit)
  3. Penjualan Barang konsinyasi kredit
    1. Piutang Dagang (Debit)
    2. Penjualan Konsinyasi (Kredit)
  1. Mencatat Harga Pokok Penjualan Barang Konsinyasi
    1. Biaya Penjualan Konsinyasi (Debet)
    2. Persediaan Barang konsinyasi (Kredit)
  2. Membayar Barang Konsinyasi dan mengembalikan sisa Barang
    1. Hutang Barang Konsinyasi (Debit)
    2. Cash (Kredit)
    3. Persediaan Barang Konsinyasi (Kredit)

Diatas adalah pengetahuan secara singkat mengenai akuntansi konsinyasi versi sifandy, dengan konsep pengakuan hutang untuk barang konsinyasi. Kenapa saya menggunakan pengakuan hutang, karena barang tersebut dititipkan di dalam toko memiliki informasi

  1. Jangka waktu penitipan
  2. Nilai Nominal dari seluruh produk yang dititipkan tersebut.
  3. Jumlah Stock dari seluruh produk

Dengan adanya seluruh informasi tersebut, dapat saya asumsikan bahwa dengan menggunakan konsep hutang akan mempermudah dalam pengelolaan stock produk dan penerimaan uang hasil dari penjualan barang konsinyasi tersebut. Demikianlah pencatatan akuntansi dari penjualan produk jika menitipkan ke toko orang lain, kemudian adakah solusi lainya.

CARA MENJUAL TANPA ADA TOKO

Banyak cara untuk menjual sebuah produk jika kita tidak memiliki toko diantaranya yaitu:

1. Social Media

Social Media
Social Media

Saat ini social media (Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, Google+, Youtube) merupakan tempat berkumpulnya orang-orang untuk melakukan berbagai kegiatan, disini kita dapat memanfaatkannya sebagai sebuah toko yang sifatnya sementara untuk menarik relasi kita untuk membeli produk yang anda jual.

Proses untuk melakukan penjualan di dalam social media ini adalah dengan membuat sebuah posting yang terkait dengan produk yang anda miliki, didalam posting tersebut harus terdapat informasi :

  1. Nama Produk Berserta Gambar
  2. Spesifikasi Produk
  3. Harga Produk
  4. Cara Membeli
  5. Garansi produk

2. Layanan Messanger

Social Mesangger
Social Mesangger

BBM, Whatsapp, Line, WeChat, Kakao Talk dan sebagainya juga merupakan sebuah solusi murah dan mudah untuk menawarkan produk anda kepada seluruh kontak yang terdapat di dalam layanan messenger anda. Proses untuk melakukan penjualan di layanan messenger ini adalah dengan membuat sebuah broadcast kepada seluruh kontak yang terdapat dilayanan messenger yang anda gunakan, namun yang patut diingat adalah jangan terlalu sering melakukan broadcast penjualan di layanan ini karena calon pelanggan anda mungkin akan merasa terganggu dan akhirnya anda diblokir.

3. Joint dengan beberapa toko online

Tokopedia
Tokopedia

Saat ini banyak sekali toko online yang tersebar, anda dapat melakukan kerja sama dengan beberapa toko online yang terkenal seperti Lazzada, Blibli, Tokopedia, Buka Lapak dan berbagai macam toko online lainnya. Namun memang dalam melakukan kerja sama ini ada syarat yang harus anda penuhi jika ingin bergabung dengan layanan toko online tersebut.

Keuntungannya adalah anda tidak perlu repot untuk mencari pelanggan, anda cukup memasukan informasi produk, harga dan pengiriman produk ke pelanggan.

4. Memiliki Toko Online dengan Keunikan Anda

Toko Online
Contoh Toko Online

Solusi terakhir adalah dengan membuat sebuah toko online yang anda kelola sendiri, untuk membuat sebuah toko online tidaklah rumit, sangat mudah hanya saja membutuhkan fokus dalam menjalankannya.

Tantangannya adalah bagaimana anda dapat menarik pengunjung ke dalam toko anda, design toko online yang simple dan menarik akan membuat pengunjung betah, Produk yang ditawarkan berkualitas dengan harga yang relatif bersaing dengan toko online lainnya juga akan menjadi daya tarik tersendiri, belum lagi jika anda memberikan bonus atau diskon terkait dengan pembelanjaan ini akan menjadi sebuah oase bagi para calon pelanggan dan pelanggan anda.

Pertanyaan selanjutnya adalah apa pun cara yang anda lakukan untuk menjual produk retail anda, ingat saja kalimat ini “Banyak Jalan Menuju Roma” dari sebuah pembicaran kecil dengan sesame teman, dengan tetangga sekali pun kita dapat melakukan transaksi jual beli, namun dengan konsep tersebut market yang akan dicapai ya hanya sebatas itu. Untuk memperbesar market dan penghasilan dibutuhkan solusi lain dari sebuah konsep konsinyasi (menitipkan produk di toko offline mau pun online) hingga membuat toko yang anda kelola sendiri.

2 Comments

  1. Saya punya keinginan untuk mencoba berjualan baju secara online, apakah berjualan dengan facebook dan twitter bisa menjadi solusi pertama dalam menjalankan bisnis ini? Terima kasih

    1. Selamat siang dina

      Saran ku sih untuk awal, jika dina punya whatsapp atau BMM bisa mulai dari sana dulu, kemudian baru masuk ke social media seperti facebook dan twitter, namun bisa juga menggunakan instagram untuk menunjukan produk baju dina :)

      semoga bermanfaat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.