Cara Membuat Pivot Table Sederhana

Cara Membuat Pivot Table Sederhana

Pivot Table merupakan sebuah tools pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, serta mengeksplorasi data untuk disajikan menjadi sebuah laporan dalam bentuk tabel-tabel. Fungsi pivot table ini adalah bertujuan agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data.

Dengan menggunakan pivot table diharapkan mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Pivot Table Excel

Beberapa hal-hal berikut ini dapat berpengaruh pada saat membuat data dengan pivot table :
  • Setiap data yang akan dilakukan pivot table harus berisi header, hal ini akan menyebabkan jika terdapat salah satu header dalam rentang sel /array yang dipilih tidak berisi judul, maka pembuatan pivot table tidak dapat dilakukan.
  • Pivot table akan mengambil baris paling atas sebagai field yang akan digunakan untuk report.
  • Kolom yang tersembunyi / hide akan tetap muncul pada field di pivot table field list.
  • Baris yang tersembunyi akan tetap dihitung nilainya jika terdapat di dalam array yang dipilih sebagai sumber data.
  • Pemilihan jenis data (value field settings) akan berpengaruh pada hasil nilai yang akan ditampilkan.

Cara Membuat Pivot Table Excel

Untuk dapat membuat sebuah pivot table, sobat harus mempunyai data untuk dilakukan simulasi. Contoh data yang bisa digunakan untuk simulasi cara membuat pivot table, bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Pivot Table Excel

Contoh data diatas terdiri dari lokasi, nama customer, kode barang, jumlah, harga jual, dan total penjualan pada kolom A sampai kolom F

Dari data-data tersebut akan disajikan jumlah dan total penjualan berdasarkan kode barang (kolom C) dengan menggunakan tools pivot table.

Langkah-langkah dalam membuat pivot table :

  • Dari menu insert sobat pilih Pivot Table pada kelompok table (disitu terdapat dua pilihan yaitu pivot table dan pivot chart), sobat pilih saja pada pivot table kemudian akan muncul form create pivot table.
  • Pada select a table or range sobat silahkan blok data yang akan dilakukan pivot table (pada contoh simulasi ini adalah array A4:F24 yang dipilih).
  • Kemudian pilih lokasi hasil pivot table akan ditempatkan pada choose where you want the Pivot Table report to be place.  Disini terdapat 2 pilihan yaitu :
    1. New worksheet apabila sobat ingin menempatkan hasil pivot table pada worksheet baru yang masih kosong .
    2. Existing worksheet apabila sobat ingin hasil Pivot Table pada sheet yang sama dengan data yang akan di Pivot Table dengan memilih sel yang akan ditempatkan.
Jika pemilihan data dan penempatan data sudah dilakukan, sobat bisa tekan tombol ok untuk membuat dan memilih penyajian data pada pivotTable field list.

Hasil Pivot Table

Pada form PivotTable field list ini, sobat bisa memilih field-field atau item-item yang akan dipilih untuk disajikan dalam bentuk table.

Berapa nilai penjualan masing-masing pelanggan disetiap lokasi

Pivot Table Excel
Jika anda lihat setelah melakukan insert >> pivot table, maka hasilnya akan terlihat disebelah kanan yaitu kolom field to add to report :
  1. Lokasi
  2. Nama Customer
  3. Kode Barang
  4. Jumlah
  5. Harga Jual
  6. Total

Pada bagian drag between area, silahkan anda pilih data-data yang ingin ditampilkan

Row = Data yang ingin ditampilkan dalam bentuk baris, disini saya memilih lokasi

Column = Data yang ingin ditampilkan dalam bentuk kolom, disini saya memilih nama customer

Value = Data Nilai yang ingin ditampilkan, saya memilih total penjualan

Berapa nilai penjualan masing-masing pelanggan disetiap lokasi

Selain memilih salah satu cara penyajian diatas, apabila ketentuan penyajian data lebih dari satu kriteria, sobat bisa memadukan penggunaannya. Sedangkan pada values (field yang akan dicari nilainya) terdapat beberapa pilihan nilai yang akan disajikan. Secara default biasanya pencarian nilai ini adalah sum (berdasarkan jumlah nilai).
Apabila sobat ingin mencari nilai berdasarkan bentuk lainnya (jumlah sel, nilai rata-rata dan sebagainya) silahkan diganti dengan cara klik pada (sum of jumlah) lalu pilih value field settings kemudian pilih pada pilihan yang diinginkan. Dengan menggunakan tools pivot table pada excel, sobat bisa meringkas penyajian suatu data untuk mempermudah dalam melihat serta melakukan analisa terhadap suatu data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.