Canggihnya Point Of Sales Bostoko

Canggihnya Point Of Sales Bostoko

banner

Dalam menjalankan bisnis, kebutuhan proses transaksi penjualan yang cepat dan tepat memerlukan sebuah alat yang dapat membantu kita dalam menjalankan bisnis tersebut agar tidak mengalami kerugian. Berbagai alat pun muncul dalam membantu manusia untuk melakukan kegiatan tersebut, Dari masa ke masa perkembangan teknologi pun menjadi salah satu faktor keberhasilan sebuah bisnis. tentunya kita dapat membedakan bisnis yang dilakukan secara manual dengan tersistem akan memiliki perbedaan yang besar dalam perkembangan bisnisnya.

Teknologi tersebut berupa Point of sales alias aplikasi kasir alias alat yang membantu kasir. Dalam mengelola transaksi keuangan di toko memang banyak sekali jenisnya dari yang sifatnya tradisional seperti
Kalkulator Standar
Kalkulator Standar

Kalkulator alat pertama yang digunakan oleh masyarakat dalam membantu melakukan kegiatan transaksi penjualan, sehingga proses menjadi lebih cepat, namun hal ini tentunya akan mengalami kesulitan saat pelanggan anda meminta struk atau bon sebagai bukti transaksi, karena proses pembuatan struk akan menjadi manual. Belum lagi jika anda ingin mencatat apa saja yang telah anda jual, maka muncul kalkulator berikutnya yang disertai dengan printing.

Kalkulator printing
Kalkulator printing

Memang dengan adanya kalkulator tersebut, proses penjualan anda menjadi lebih cepat, namun tetap saja proses anda tetap lebih lambat saat pembuatan struk atau bon, maka muncullah tools selanjutnya untuk point of sales yaitu cash register

cash register
cash register
Apakah cash register membantu anda dalam mengelola usaha, tentu saja dapat membantu karena proses pembuatan struk menjadi lebih cepat dan anda memiliki struk sebagai bukti proses transaksi penjualan. Pertanyaannya adalah sebagai berikut :
  1. Apakah kita bisa mengetahui omset perhari? Jawabannya pasti bisa mengetahui omset per hari
  2. Apakah bisa mengetahui produk apa saja yang terjual paling banyak? Jawabannya pasti bisa mengetahui, asal temen-temen mau menghitung terlebih dahulu secara manual.
  3. Apakah bisa mengetahui laba dari penjualan per hari atau per bulan? Jawabannya sudah pasti bisa asal teman-teman mau menghitung terlebih dahulu melalui proses pencatatan.
  4. Apakah bisa membantu mengontrol jumlah toko yang banyak? Jawabannya sudah pasti bisa asal temen-temen mau sedikit repot

Jadi Apa Solusinya donk?

pos bostoko
pos bostoko

Kenapa Bostoko?

Aplikasi bostoko yang di buat oleh PT. Telkom Indonesia ini dapat membantu anda dalam mengelola toko dalam jumlah banyak, tanpa perlu menghabiskan resource tenaga kerja yang mesti melakukan kunjungan ke toko-toko yang letaknya membutuhkan waktu dalam mengunjunginya hanya untuk mendapatkan laporan omset dari masing-masing toko.
Android Bostoko
Android Bostoko
Tapi kenapa mesti bostoko? karena bostoko mampu membantu anda dalam pengelolaan toko secara online dan realtime dalam pelaporannya.
Ko bisa online dan realtime dalam pelaporannya? ya karena dokuku di design dengan konsep cloud yang dapat berfungsi secara realtime pada saat terjadi transaksi maka data dikirim ke server, kemudian kantor pusat dapat langsung melihat progres transaksi yang terjadi disaat bersamaan.
Aplikasi ini apakah membutuhkan koneksi internet? Ya tentu saja membutuhkan koneksi internet untuk proses pengiriman data transaksinya ke server, namun kebutuhan internetnya tidak terlampau besar karena teman-teman dapat menggunakan koneksi internet GSM atau modem internet GSM.
Jadi jika tidak ada internet, Point of sales ini tidak dapat berfungsi donk? Tetttt salah, aplikasi ini tetap dapat berfungsi jika koneksi internet anda bermasalah, aplikasi ini tetap dapat membantu anda dalam mengelola toko untuk proses penjualan. jadi jangan khawatir anda tidak dapat menggunakan aplikasi ini untuk berjualan. Koneksi internet hanya dibutuhkan untuk proses pengiriman data dari aplikasi ini ke server sebagai tempat penyimpanan data, namun jika tidak ada koneksi maka data akan disimpan di aplikasi tersebut hingga koneksi internet anda kembali aktif.
Fitur apa saja yang terdapat di dalam dokuku ini? ada berbagai macam fitur didalam dokuku yang dapat membantu anda dalam mengelola transaksi penjualan di toko yaitu sebagai berikut
  1. Kontrol modal saat buka toko, pada saat membuka toko anda akan diminta untuk memasukan jumlah uang modal, kenapa perlu memasukan uang modal. tentunya agar anda sebagai pemilik toko mengetahu perputaran uang yang terjadi di toko tersebut, karena biasanya uang modal tersebut digunakan untuk membantu proses pembayaran selisih uang yang diberikan pelanggan dengan transaksi penjualannya (sering disebut kembalian).
  2. Fungsi pencarian produk dengan scan barcode, manual input nama. Proses pencarian akan menjadi lebih cepat pada saat anda cukup melakukan scan atas barang tersebut. namun juga dapat melakukan dengan cara melakukan pencarian dengan input nama.
  3. Fungsi Void, Cancel, Retur dalam membantu transaksi pembatalan transaksi. Aplikasi dokuku juga dapat membantu anda dengan fitur void (pembatalan transaksi), Cancel (tidak jadi melakukan penjualan), retur (pengembalian barang atas penjualan yang terjadi).
  4. Fungsi Pembayaran multi currency dan mix payment.Pembayaran transaksi di masa saat ini sudah pasti membutuhkan kebutuhan proses multi currency dan proses pembayaran tidak selamanya menggunakan uang tunai namun ada kalanya pembayaran menggunakan uang tunai dan sisanya menggunakan kartu, maka fitur multipayment diperlukan.
Ya itulah kemampuan dasar dari point of sales bostoko, mau tau fitur apalagi yang ada di bostoko, tunggu ya diartikel selanjutnya :) cape nulisnya :P, saatnya kita makan malam. sampai jumpa lagi teman-teman.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.