BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang berubah menjadi Badan Hukum Publik yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatanbagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan (dahulu bernama Jamsostek) merupakan program pemerintah dalam kesatuanJaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013. Untuk BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2014.

Logo Jaminan Kesehatan Nasional

BPJS Kesehatan sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan), yang dikelola oleh PT Askes Indonesia (Persero), namun sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT. Askes Indonesia berubah menjadi BPJS Kesehatan sejak tanggal 1 Januari 2014.

Kepesertaan wajib

Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS. Sedangkan orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS. Setiap peserta BPJS akan ditarik iuran yang besarnya ditentukan kemudian. Sedangkan bagi warga miskin, iuran BPJS ditanggung pemerintah melalui program Bantuan Iuran.

Menjadi peserta BPJS tidak hanya wajib bagi pekerja di sektor formal, namun juga pekerja informal. Pekerja informal juga wajib menjadi anggota BPJS Kesehatan. Para pekerja wajib mendaftarkan dirinya dan membayar iuran sesuai dengan tingkatan manfaat yang diinginkan.

Jaminan kesehatan secara universal diharapkan bisa dimulai secara bertahap pada 2014 dan pada 2019, diharapkan seluruh warga Indonesia sudah memiliki jaminan kesehatan tersebut. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyatakan BPJS Kesehatan akan diupayakan untuk menanggung segala jenis penyakit namun dengan melakukan upaya efisiensi.

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

Cara Daftar BPJS Online

Bagi yang ingin mendaftar secara online klik disini namun untuk mendaftar BPJS Secara Online siapkan beberapa hal berikut ini :

  1. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu NPWP, serta alamat email dan nomor handphone aktif untuk konfirmasi pendaftaran.
  2. Buka Halaman BPJS Online atau disini
  3. Isi data yang telah disediakan yaitu identitas diri, pilihan kelas yang diinginkan, alamat lengkap, fasilitas kesehatan yang mencakup Faskes tingkat I dan Faskes Gigi dengan pilihan instansi yang anda pilih sebagai tempat rujukan dan yang terakhir khusus untuk warga negara asing yang ingin mendapatkan faskes. Klik disini untuk memilih sesuai dengan lokasi anda

    Fasilitas Kesehatan
    Fasilitas Kesehatan
  4. Pilih biaya iuran yaitu dengan pilihan kelas III hingga kelas I dengan rentang biaya dari 25.500 hingga 59.500 ribu rupiah perbulannya.
  5. Simpan data dan tunggu email notifikasi nomor registrasi di email anda. Print lembar virtual accountnya.
  6. Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk seperti BNI, BRI, dan Mandiri (jangan lakukan melalui Internet Banking, untuk 3 Bulan pertama lakukan dari teller)
  7. Setelah menyerahkan uang dan serta nomor virtual pada teller bank nanti akan menerima bukti pembayaran.
  8. Sekarang BPJS Kesehatan anda telah aktif, silahkan cek email untuk balasan dari BPJS berupa E-ID, Card BPJS yang bisa diprint sendiri dan Valid atau
  9. Print Kartu BPJS di kantor cabang BPJS terdekat. Langsung saja ke bagian print kartu BPJS, cukup memberikan seluruh data sebelumnya, form isian, virtual account, dan bukti payment.

Cara Pendaftaran BPJS Offline

  1. Siapkan berkas yang dibutuhkan seperti Foto Copy KTP, Foto Copy KK, pas Foto 3×4 berwarna 2 lembar, dan fomulir pendaftaran yang diisikan ditempat pendaftaran.
  2. Datang ke kantor BPJS terdekat dan ambil nomor kode pendaftaran. antisipasi antrian dengan mendatangi kantor BPJS sepagi mungkin.
  3. Setelah mendapatkan nomor kode pembayaran, setorlah sejumlah uang ke bank yang telah ditunjuk seperti BNI, BRI, dan Mandiri
  4. Bawa bukti setoran ke kantor BPJS dan anda akan mendapatkan kartu anggota.

Demikianlah proses pendaftaran menjadi member BPJS Kesehatan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.