BAGAIMANA CARA MENGATUR SETTINGS PADA WORDPRESS

BAGAIMANA CARA MENGATUR SETTINGS PADA WORDPRESS

Dalam menulis di blog dengan cms (content management system) terutama wordpress ada beberapa hal yang mesti disetting agar blog dapat berjalan dengan sempurna, diantaranya anda harus melakukan setting seperti dibawah ini

  • General Settings : pada general setting secara default untuk Site Title dan Tagline sudah terisi menyesuaikan dengan saat kita pertama kali menginstall wordpress, dan jika anda kurang sesuai bisa menggantinya. Silahkan ganti dengan data yang benar kecuali WordPress Address URL dan Site Address URL, karena kita belajarnya secara offline maka biarkan seperti defaultnya.

Membership : Untuk Membership tergantung pada anda, apakah ingin di centang atau di abaikan, jika di centang maka siapa saja bisa mendaftar di website anda sebagai user. Di bawahnya juga terdapat New User Default Role, ada 5 yaitu Subscriber, Contributor, Author, Editor dan Administrator. Jika mengaktifkan Membership disarankan memilih Subscriber karena mempunyai permission yang paling minimal. Selanjutnya untuk pengaturan di general setting adalah pengaturan zona waktu, pilih sesuai dengan waktu di tempat anda, dan sesuaikan format tanggal sesuai yang anda inginkan.

  • Reading Setting

Front page display secara default akan memilih Your latest post, maksudnya akan secara otomatis menampilkan postingan terakhir di halaman depan, dan jika kita memilih A static page, maka kita bisa memilih sesuka kita mana page / post yang akan kita tampilkan di homepage.

Blog pages show at most : memilih berapa postingan yang akan di tampilan di frontpage. Saya mengisi 5 artikel post. Untuk Syndication feeds show saya biarkan default 10. Lalu simpan dengan menekan button Save Changes.

  • Media Setting

Media setting ini digunakan untuk mengatur ukuran file gambar yang akan kita tampilkan, di default wordpress ada 3 macam ukuran, yaitu Thumbnail size, Medium Size, dan Large Size.

  • Permalink Settings : Di pengaturan ini berhubungan dengan url yang akan kita tampilkan di url browser, apakah kita menginginkan url yang cantik sesuai dengan judul postingan kita atau menampikan url secara default yang tentunya tidak mudah dibaca. Pengaturan ini tentunya sangat berpengaruh dengan SEO, maka di sini saya memilih permalink settings Post name agar memudahkan artikel yang kita buat mempunyai url yang cantik dan disukai oleh google atau mesin pencari lainnya.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.