Apa Benar Domain Berakhiran ID Bermanfaat?

Apa Benar Domain Berakhiran ID Bermanfaat?

Jika melihat domain id yang selalu memberikan promo terkadang ada keinginan untuk membeli domain tersebut, sifandy.id rasanya akan terlihat keren. Bahwa sifandy berasal dari indonesia tentunya akan memberikan kebanggaan terhadap indonesia, namun apa daya domain tersebut nilainya buat saya tidak masuk akal.

“Berapakah harga domain berakhiran ID tersebut, Jawabannya hanya Tuhan yang tau”

Nah saat saya mengecek domain sifandy.id nilainya sebesar 500.000 padahal saya membeli domain berakhiran com, net, info, org semuanya hanya sekitar 100.000 lalu apakah wajar saya mengeluarkan uang sebesar 500.000 hanya untuk sebuah domain?

Domain-ID
Domain Berakhiran ID
Domain-terbatas-id
Pendaftaran Domain Terbatas ID

Kelebihan Domain ID

Menurut Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Sigit Widodo kelebihan menggunakan domain ID

  1. mencerminkan identitas sebagai bangsa Indonesia. “Seharusnya sebagai bangsa Indonesia harus bangga memakai akhiran domain .id dibandingkan domain lain,”
  2. Selain masalah nasionalisme, penggunaan domain .id ini merupakan jaminan bahwa perusahaan atau institusi atau organisasi tersebut memang berada di Indonesia. Hal itu juga memudahkan direktori pencarian nama-nama website asli Indonesia.

Sumber : kompas

Menurut Rudiantara, ada beberapa benefit atau keuntungan yang bisa didapatkan jika domain id semakin banyak dipakai.

  1. “Manfaatnya banyak, salah satunya dari sisi kecepatan. Ditambahkannya, secara teoritis jika menggunakan domain .id dan hosting server dari dalam negeri, maka akses situs akan lebih cepat.
  2. ada penghematan dari bandwidth internasional. Menurut RA, bandwidth internasional memang masih akan dipakai saat seseorang dari luar akan mengakses situs-situs di dalam negeri, namun menurutnya mayoritas transaksi tetap akan terjadi di dalam negeri.

Sumber : kompas

Pertanyaannya Apakah Memang Seperti Itu?

  1. Apakah dengan domain id website anda dapat diakses lebih cepat dibandingkan dengan domain berakhiran com atau yang lainnya?
  2. Apakah dengan domain berakhiran id membuat bandwith internet international anda menjadi lebih lambat? kenapa konektivity internetnya saja yang diberikan harga yang relatif bersaing sehingga masyarakat dapat menikmati konektivity internet dengan murah dan cepat.
  3. Sebenernya bagaimana sih konsep pembacaan DNS dengan domain yang berakhiran com dengan DNS dengan domain yang berakhiran ID
  4. Apa yang menyebabkan domain yang berakhiran ID bisa menerapkan harga yang tidak masuk akal, okelah khusus domain biasa seperti domain sifandy.id hanya 500.000 sebelumnya saya mengecek domain UKM.ID ditawarkan dengan harga yang sangat tidak wajar dan terkesan mencari uang banget dibandingkan tujuan awal yaitu untuk indonesia.

Lalu Apa Gunanya Menggunakan Domain ID

Secara pribadi saya menjadi tidak tertarik untuk menggunakan domain berakhiran ID, karena harga yang kelewatan tidak masuk akal dengan penerapan harga yang tidak jelas dari mana asal usulnya. Jadi Berikan penjelasan kepada saya, bagaimana perhitungan penilaian domain ID tersebut.

#TIDAKBANGGAPAKAI.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.