Akuntansi Itu Sebuah Seni

Akuntansi Itu Sebuah Seni

Akuntansi Itu Sebuah Seni – Untuk sebagian orang yang mempelajari akuntansi dengan jiwanya akan mengatakan akuntansi itu adalah sebuah seni.

image

Kenapa akuntansi disebut seni

Seni itu tidak melulu mengenai musik, gambar, pahat, berbicara, seni itu pun dapat berbicara dalam bentuk alur proses. Akuntansi itu adalah sebuah alur proses yang dimulai dari

image

1. Pengumpulan bukti

Setiap bukti kegiatan transaksi baik pembelian (produk dan non produk) harus disimpan untuk dicatat sebagai bentuk bukti telah terjadi pengeluaran uang. Terkait dengan penerimaan uang pun harus dilakukan pengumpulan bukti berupa slip transfer atau sebagainya.

2. Pencatatan bukti (jurnal)

Bukti telah terkumpul, agar memperoleh informasi yang akurat maka dibutuhkan sebuah akun untuk mengelompokan bukti tersebut, misalkan uang kita akan alokasikan ke cash atau bank, pengeluaran uang buat membayar bensin dan tol kita buat akun biaya transportasi.

Maka jika ada kasus
A. kita mengeluarkan uang 300 ribu untuk pembelian bensin kendaraan operasional jurnal yang terjadi adalah
(Debet) biaya transportasi = 300.000
(Kredit) kas = 300.000

B. Melakukan pembayaran atas jasa photocopy sebesar 200.000
(Debet) biaya photocopy = 200.000
(Kredit) kas = 200.000

3. Pengiktisaran bukti (pengumpulan bukti ke dalam kelompok-kelompok atau bahasa kerennya buku besar)

Berdasarkan ilustrasi contoh transaksi diatas maka pengiktisaran bukti tersebut adalah
A. Akun biaya transport    = 300.000
B. Akun biaya photocopy = 200.000
C. Akun kas = – 500.000

4. Penyusunan laporan keuangan (neraca, laba rugi, cash flow)

Untuk penyusunan laporan neraca, laba rugi dan cash flow maka membutuhkan seluruh data informasi yang dimiliki perusahaan yaitu :
Aset, hutang, modal, penjualan, biaya

Alur yang dimiliki akuntansi ya seperti itu diatas, namun seni sesungguhnya dari akuntansi adalah pada proses nomor ke 2 yaitu jurnal, perlakuan jurnal memang sudah ditentukan standarnya yaitu aset, biaya diakui disisi debet, sedangkan hutang, modal dan pendapatan diakui disisi kredit.

Dengan standar yang telah ditentukan sisi debet dan kreditnya maka langkah selanjutnya adalah bagaimana seorang akuntan dapat melakukan analisa yang tepat, sehingga melakukan pencatatan yang tepat untuk menghasilkan informasi data yang akurat, yang berakibat dapat membantu pemilik perusahaan mengambil keputusan yang cepat dan tepat.

image

Posted from WordPress for Android

5 Comments

  1. seorang wanita penuh dengan keindahan itu pun disebut seni, akuntansi adalah sebuah seni yang hanya orang-orang tertentu dapat memahaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.