Akuntansi Berbasis Teknology

Akuntansi Berbasis Teknology

Perkembangan bisnis dewasa ini yang tidak terlepas dari peran sebuah teknology dapat kita perhatikan dari perkembangan teknology itu sendiri untuk membantu manusia dalam melaksanakan kegiatan bisnis. Kita dapat mulai pada masa lalu yaitu

1. Abacus modern

Abacus modern
Abacus modern

Asal-usul sempoa sulit dilacak karena alat hitung yang mirip-mirip sempoa banyak dikenal di berbagai kebudayaan di dunia. Konon sempoa sudah ada di Babilonia dan di Tiongkok sekitar tahun 2400 SM dan 300 SM. Orang zaman kuno menghitung dengan membuat garis-garis dan meletakkan batu-batu di atas pasir yang merupakan bentuk awal dari berbagai macam variasi sempoa.

Dalam bahasa Inggris, sempoa dikenal dengan nama abacus. Penggunaan kata abacus sudah dimulai sejak tahun 1387, meminjam kata dalam bahasa Latin abakos yang berasal dari kata abax yang dalam bahasa Yunani berarti “tabel perhitungan.” Dalam bahasa Yunani, kata abax juga berarti tabel untuk menggambar bentuk-bentuk geometris di atas debu atau pasir. Ahli linguistik berspekulasi bahwa kata abax berasal dari kata ābāq yang dalam bahasa Ibrani yang berarti “debu.” Pendapat lain mengatakan abacus berasal dari kata abak yang dalam keluarga bahasa Fenisia berarti “pasir.” Wikipedia

2. Numerical Wheel Calculator

Numerical Wheel Calculator
Numerical Wheel Calculator

Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662) yang berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator ).

Benda itu ia gunakan untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan atau mesin hitung yang ditemukan, dinamakan Pascaline. Pascaline menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.

Selengkapnya untuk sejarah kalkulator

2. Kalkulator

Kalkulator
Kalkulator

Vannevar Bush (18901974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.
Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi.

Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.

Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940.

Komputer ini adalah teknology yang hingga saat ini masih banyak digunakan oleh para pelaku bisnis yang masih menikmati kondisi bisnis secara manual, teknology komputer ini hanya digunakan untuk melakukan perhitungan tanpa dapat membantu para pelaku bisnis mengelola data keuangan sehingga menghasilkan informasi yang dapat langsung digunakan dalam pengambilan keputusan.

4. Komputer

komputer
komputer

Perkembangan teknology komputer yang satu ini tentunya sangat membantu sekali mengelola bisnis secara profesional, karena berbagai software yang tersedia untuk komputer membantu pengusaha dalam mengelola bisnis, dari aplikasi yang bersifat point of sales, sales force, analisa bisnis hingga pembuatan laporan keuangan.

Akuntansi berbasis teknology salah satu solusi pengusaha dalam menerapkan akuntanbilitas dan transparancy dalam pengelolaan bisnis agar mencapai tingkat bisnis yang luas. kecepatan informasi data dalam pengambilan keputusan tidak bisa dilakukan secara manual, untuk itu diperlukan sebuah teknology.

5. Android & IOS

Android & IOS
Android & IOS

Akuntansi berbasis teknology saat ini pun dapat kita nikmati di kedua generasi teknology terbaru yaitu Android dan IOS. Inovasi teknology ini tentunya memberikan dampak kepada perkembangan Akuntansi berbasis teknology, tanpa dapat dipungkiri kemudahan yang didapat sangat mempermudah para pelaku bisnis di seluruh dunia dalam mengelola bisnisnya dengan cepat tanpa adanya batasan waktu dan tempat.

Demikianlah beberapa perkembangan teknology yang dapat membantu para pelaku bisnis dalam mengelola bisnisnya, jadi kenapa anda masih suka dengan proses manual jika ada teknology yang dapat membantu anda dalam mengelola bisnis anda.

One Comment

  1. Setuju sekali dengan artikel ini karena Kebutuhan informasi data yang cepat dan tepat memang diharuskan untuk mempercepat dalam proses pengambilan keputusan. Dengan teknology semua itu dapat tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.