Agama vs kemanusiaan

Agama vs kemanusiaan

Gus-Dur-Pesan-7
Pesan Gus Dur

Agama adalah hubungan manusia dengan Tuhan NYA perkembangan agama dari pertama kali adanya manusia di muka bumi ini menurut versi islam “Nabi Adam As” hingga “Nabi Muhammad SAW” mengajarkan untuk selalu berbuat kebaikan kepada siapa pun – manusia, hewan, tumbuhan, mahluk gaib, dan alam semesta – di dunia ini. Dan saya pun yakin agama lain kristen, hindu, budha semuanya mengajarkan kebaikan.

Pelajaran yang ku ingat mengenai kehidupan adalah kamu mau mendahulukan mana dunia atau akhirat? Dulu saya berfikir mendahulukan dunia itu berarti mencari rizki terus tanpa henti, tapi karena manusia ini memiliki keinginan yang tanpa batas makanya munculah agama untuk memberitahukan agar CUKUP, bersyukurlah atas apa yang telah dimiliki.

Namun seiring perjalanan hidup mungkin saya baru menyadari memuliakan manusia dengan menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di antara kita tentunya akan memberikan berkah dari Tuhan kepada kita. Jadi itu adalah makna sesungguhnya kamu mau mendahulukan mana dunia atau akhirat..

Iluatrasinya, ada 2 kebutuhan yang sama-sama mendesak yaitu membantu pembangunan sekolah di desa dengan pembangunan sebuah mesjid di desa? Mana yang harus di dahulukan?
A. Pembangunan sekolah
B. Pembangunan Mesjid

Jika saya boleh menjawab, karena ini halaman blog saya maka suka suka saya ya ^_^ jawaban saya akan mendahulukan pembangunan sekolah baru kemudian masjid. Alasan saya adalah Tuntutlah ilmu hingga ke negeri china, ilmu adalah pelajaran pertama yang diberikan Tuhan kepada Nabi Muhammad SAW dengan ilmu pengetahuan kehidupan menjadi lebih baik, peradaban menjadi maju, manusia pun menjadi manusia.

Saat manusia menjadi manusia yang beradab maka disitu akan memahami ini semua karena  keberkahan Tuhan.

Kadang kala pikiran ku berbahaya ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.