9 Rahasia Teknik Presentasi Steve Jobs

9 Rahasia Teknik Presentasi Steve Jobs

Beberapa hari ini energi yang terdapat di diri-ku terlalu tinggi, banyak sekali ide yang ingin ku wujudkan namun ingat seperti pesan dari senior dan guru kita om Bob SadinoSemoga Tuhan menerima segala amal perbuatan beliau di masa hidupnya

“Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnnya tidak ada satu pun yang jadi kenyataan. Orang goblok cuma punya satu ide dan itu jadi kenyataan”

Saya tidak ingin menjadi orang pintar yang hanya terlalu banyak ide namun tidak ada satu pun yang terwujud, nah saya ingin terus melangkah dan melangkah apa pun resikonya “Orang goblok itu nggak banyak mikir, yang penting terus melangkah. Orang pintar kebanyakan mikir, akibatnya tidak pernah melangkah”.

Klasifikasi UMKM
Data dari mbah google

Hari ini dengan energi yang besar dan semangat yang mengebu-gebu, saya menuju pasar tradisional untuk melakukan riset pasar terkait dengan produk yang saya miliki, bertemu dengan para pedagang dengan berbagai jenis usaha dari

  1. Toko Baju
  2. Toko Emas
  3. Toko Peralatan Rumah Tangga
  4. Toko Kebutuhan Rumah Tangga
  5. Toko Accesoris
  6. Dan Lain-lain

Dari seluruh toko yang telah saya kunjungi saya membagi lagi dengan 2 klasifikasi umur pemilik usaha yaitu

  1. Pemilik usaha antara 18 – 40 Tahun, Bagi pemilik usaha dengan rentang usia ini memang lebih melek dengan dunia IT atau Teknologi memang lebih terbuka dengan kebutuhan aplikasi dalam mengelola usaha mereka.
  2. Pemilik Usaha antara 40 – 60 Tahun, Bagi pemilik usaha dengan rentang usia ini memang sangat sulit untuk menggunakan aplikasi apalagi yang berbau teknologi asing, bagi mereka proses penjualan manual itu lebih aman dan nyaman, simple dan cepat karena kebiasaan mereka bertahun-tahun dalam mengelola usaha, sehingga tidak ada lagi alasan bagi mereka untuk menggunakan teknologi dalam menunjang usaha yang mereka miliki.

Apakah dari segi usia ini kita telah dapat memutuskan pangsa pasar kita, ternyata belum? Saya telah memilih untuk mencari calon riset saya dengan target pemilik usaha dengan usia muda. Ternyata disini pun masih terbagi lagi syarat agar para pengusaha ini mau menggunakan aplikasi dalam mengelola usahanya, yaitu

  1. Hanya memiliki 1 Toko, Bagi pemilik yang baru merintis usahanya baik usia muda atau tua, tidak akan tertarik menggunakan sistem aplikasi karena menurut mereka dengan pencatatan secara manual saja mereka sudah dapat mengelola usaha dengan baik dan tepat. Apakah mereka tidak takut kehilangan stock atau uang mereka? Jawabannya adalah Tidak, Mengapa? Karena pemilik usaha ini selalu ada di toko. Biasanya mereka sendiri yang menjalankan usaha ini.
  2. Memiliki kurang dari 5 Toko, Bagi pemilik usaha yang sudah memiliki lebih dari 1 hingga 5 outlet ini termasuk pengusaha yang sudah mulai butuh aplikasi untuk membantu dalam mengelola tokonya, penggunaan teknologi dapat dilihat dari digunakannya mesin cash register disini berarti kebutuhan mereka akan data yang akurat dan tepat sudah mulai, namun jangan salah dalam kelompok ini juga ada yang masih mampu dan nyaman dengan kondisi menjalankan usaha secara manual? bagaimana dia dapat mengontrol usahanya tersebut, ternyata jawabannya sangat simple, loh.. 1 toko dipegang oleh istri, 1 toko dipegang oleh suami, 1 toko dipegang oleh anak, 1 toko dipegang oleh saudara, 1 toko dipegang oleh adik ipar, hahahaha…
  3. Memiliki lebih dari 5 Toko, Bagi pemilik di kelompok ini sudah dipastikan akan membutuhkan sistem yang dapat membantu mengelola usahanya, namun disini mereka akan berbicara mengenai biaya yang harus dikeluarkan oleh mereka untuk mendapatkan sistem tersebut.

Informasi tersebut saya susun berdasarkan kunjungan ke 2 wilayah yaitu pasar tradisional dan pasar modern (mall) dari informasi data yang saya dapat, munculah dibenak presentasi yang bagaimana yang dapat membantu menjelaskan ke pasar keunggulan dari aplikasi ini. Setelah searching di mbah google bertemulah saya dengan file 9 Rahasia Teknik Presentasi Steve Jobs. Apa saja rahasia dari steve jobs ini, yaitu sebagai berikut

I. CIPTAKAN CERITA Dibalik Sebuah Presentasi

Rahasia penting dibalik setiap presentasi memukau adalah bagaimana menciptakan cerita dibalik presentasi. Mengapa cerita? Karena cerita mudah diingat dan disukai orang.

Ipod diperkenalkan bukan sekedar alat pemutar MP3, Namun.. Ipod adalah 1000 lagu yang muat dalam saku anda.

Sampaikan sebuah cerita dan audiens akan terus mengingat presentasi anda.

II. Slide Sederhana Yang KUAT SECARA VISUAL

Lewat slide yang sederhana yang visual Steve Jobs Menggugah Imaginasi audiens. Slide yang baik adalah Sederhana, Membantu Audiens, Tepat sasaran. Belajarlah membuat slide yang sederhana namun kuat secara visual.

Milih kata
Slider Sederhana dan Powerful

III. Gunakan Aturan TIGA BAGIAN

Aturan Tiga Bagian dikenal dalam penulisan pidato. Jobs selalu merangkum fitur produk yang kompleks menjadi tiga bagian.

Ketika menjelaskan iphone, Jobs menyebutnya sebagai : pemutar musik (ipod). Telephone dan Alat Komunikasi Internet

Gunakan tiga bagian informasi, untuk menciptakan kekuatan pada presentasi anda.

IV. Bantu Audiens Memahami STATISTIK DAN DATA

Bagaimana membuat statistik dan data bermakna? Dengan mengangkat Kisah dibalik Statistik dan Data, Jobs menyampaikan data sederhana, jumlah lagu yang di dowload lewat itunes.

Dengan mengatakan 5 Milyar lagu telah di download = 58 Juta lagu di download per detik.

Berikanlah analogi sehingga data dan statistik anda memiliki kekuatan dan daya pikat

V. CIPTAKAN MOMENTUM Kejutan Luar Biasa

Presentasi hebat  memiliki tujuan yang membuat audiens terperangah. Ciptakanlah sebuah momentum yang akan memberi kejutan kepada audiens. Steve Jobs melakukannya saat memperkenalkan Macbook Air. Ciptakan momentum kejutan yang akan menjadi momen paling diingat oleh audiens, sekaligus mampu merangkum keseluruhan presentasi anda.

VI. LATIHAN Untuk Kesempurnaan

Steve Jobs Berlatih presentasi dengan disiplin dan kesungguhan. Dia terlibat langsung dalam persiapan presentasi dan melatihnya puluhan kali. Kesuksesan Presentasi Jobs datang dari persiapan yang sangat matang serta kesungguhan untuk menampilkan secara menarik.

Latih dan ulang presentasi anda, sampai anda MENGUASAINYA. Kerja Keras dari latihan yang sungguh-sungguh akan terbayar ketika tampil memukau dihadapan publik.

VII. HAVE FUN Nikmati Presentasi Anda

Anda pun bisa bersenang-senang dengan presentasi yang anda bawakan, Tidak harus selalu serius. Steve Jobs pun menyelipkan humor menyegarkan ketika melakukan demonstrasi produk. Tidak terpengaruh oleh situasi tidak terduga yang mungkin muncul, namun memilih bersikap positip dan selalu Having Fun

Nikmati presentasi anda. Maka semangat positip itu pun akan tertular kepada audiens.

VIII. Tunjukan PASSION ANDA

Tunjukanlah Passion Anda kepada audiens. Ingat, Semangat itu menular! Jobs selalu memancarkan semangatnya lewat tatapan mata, isyarat tubuh dan kekuatan suara dalam setiap presentasi. Tanpa Passion maka presentasi anda menjadi Hambar.

Presenter

IX. Gunakan Kata-Kata POWERFUL Namun Mudah Diingat

Dalam setiap presentasi, sangat penting untuk mempersiapkan pilihan kata yang tepat pada momen yang tepat. Kata-katanya sederhana, antusias, penuh semangat dan rasa kagum membuat jobs mampu menjelaskan idenya dalam bahasa audiens.

Presenter hebat adalah orang yang mampu memilih bahasa paling sederhana yang mudah dan cepat dipahami audiensnya.

Itulah rahasia teknik presentasi Steve Jobs yang dikagumi banyak orang. Silahkan download presentasi yang saya buat ini dan tolong berikan saran dan kritik, apakah sudah hampir mendekati steve jobs atau malah sangat buruk. Terima kasih atas kritik dan sarannya. Sukses selalu untuk anda semua.

Sumber : Presentasi.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.