8 Fitur baru yang ditambahkan Microsoft ke dalam Windows 10

8 Fitur baru yang ditambahkan Microsoft ke dalam Windows 10

Holographic-Windows-10Microsoft menggelar acara Windows 10 Keynote sekaligus mengumumkan ketersediaan Windows 10 Consumer Preview langsung dari markas mereka di Redmond, Amerika Serikat. Melalui acara ini, Microsoft memperkenalkan beberapa fitur baru yang nantinya akan dimiliki oleh Windows 10 ketika sistem operasi tersebut dirilis secara resmi.

Microsoft menambahkan beberapa fitur baru serta bocoran skema pembayaran sistem operasi ini. Kami akan merangkum dan menjelaskan sedikit mengenai fitur-fitur tambahan tersebut. Mulai dari penambahan Cortana, sang asisten pribadi, hingga Project Spartan yang akan menggantikan fungsi browser Internet Explorer yang telah ada bersama Windows sejak kelahiran sistem operasi ini.

1. Cortana

cortana

Cortana merupakan asisten digital pribadi yang sebelumnya eksklusif terdapat pada perangkat mobile milik Microsoft, Windows Phone. Namun kini, para pengguna PC dan tablet dapat menggunakan fitur ini langsung pada taskbar sistem operasi mereka.

Selain tombol Start Menu yang kembali hadir, Anda akan mendapatkan sebuah kolom pencarian yang terintegrasi langsung dengan Cortana. Di dalamnya, Anda dapat melakukan pencarian internet menggunakan Bing, mencari file di dalam hard drive Anda, atau menyimpan janji pertemuan pada aplikasi kalender yang Anda miliki. Anda juga dapat mengirim email dan meminta Cortana agar membacakan email tersebut.

2. PC di dalam smartphone Anda

All-Device-Windows-10

Ketika Windows 8 memisahkan sistem operasi antara desktop dan mobile, Windows 10 menembus batas tersebut ketika sistem operasi ini, selain bisa digunakan pada desktop dan tablet, juga bisa di-install pada smartphone! Microsoft mendesain sebuah versi Windows 10 untuk perangkat smartphone yang mempunyai layar berukuran kurang dari 8 inci.

Ditambah dengan fitur Universal Apps, kini kehidupan mobile dan desktop Anda akan semakin menyatu dan hal ini tentunya akan berimbas pada produktivitas yang semakin meningkat. Satu aplikasi kini bisa Anda gunakan pada tiga perangkat berbeda – PC, tablet, dan smartphone.

3. Project Spartan

Spartan

Internet Explorer sudah menemani Windows sejak pertama kali sistem operasi ini muncul. Namun kini, nampaknya Microsoft memutuskan untuk membuang browser tersebut dan membuat sebuah proyek baru yang dirancang dari nol. Kemungkinan besar hal ini dikarenakan brand Internet Explorer yang sudah buruk di mata para netizen.

Browser ini memiliki tampilan yang bersih, serupa dengan browser dari Google, Chrome. Nantinya, Anda dapat masuk ke dalam mode note-taking yang memungkinkan anotasi pada webpage yang sedang Anda kunjungi. Spartan juga dapat bertindak sebagai sebuah aplikasi reader, karena browser ini akan langsung terintegrasi dengan fitur Reading Mode yang sudah ada sejak Windows 8. Dengan mode ini, meskipun Anda sedang tidak tersambung ke internet, Anda dapat tetap membaca konten sebuah website.

4. PC = XBox

Xbox-Windows-10

Windows 10 memasukkan sebuah aplikasi yang akan memberi Anda fitur-fitur yang ada di dalam Xbox One. Dengannya, Anda dapat mengirim dan membalas pesan melalui Xbox Live, dan melihat informasi-informasi Xbox lainnya.

Selain itu, Anda dapat melakukan stream game yang dimiliki di dalam Xbox langsung pada layar PC yang Anda miliki. Untuk dapat melakukan hal ini, Xbox dan PC yang Anda miliki harus berada dalam satu jaringan yang sama.

5. Windows 10 gratis, tapi…

Pricing-Windows-10

Kabar gembira bagi para pengguna Windows 7 dan Windows 8 karena pada Keynote mereka, Microsoft mengumumkan bahwa Windows 10 dapat digunakan secara gratis selama satu tahun jika sebelumnya Anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8. Masih belum diketahui versi apa sajakah yang akan mendapat keuntungan ini, mengingat Microsoft memberikan beberapa versi berbeda untuk kedua sistem operasi tersebut.

Bagi para pengguna yang datang dari sistem operasi OS X dan Linux, Microsoft masih belum memberikan harga yang pasti. Penetapan harga tersebut diperkirakan akan diumumkan beberapa bulan sebelum Windows 10 keluar dari tahap Consumer Preview. Satu hal yang pasti adalah, kemungkinan besar Windows 10 akan menggunakan skema berlangganan dimana Anda akan membayar biaya tahunan untuk dapat menggunakan sistem operasi ini.

6. Notification Center

Notification-Center

Anda menyukai fitur pusat notifikasi yang biasa terdapat pada perangkat mobile? Anda akan menyukai fitur Notification Center dari Windows 10 ini. Dengan melakukan swipe dari sisi kanan layar (pada perangkat touchscreen), Anda akan masuk ke dalam sebuah hub yang berisi semua notifikasi Anda. Fitur ini serupa dengan fitur Notification Center yang terdapat pada sistem operasi OS X dari Apple.

Di dalam Notification Center ini juga, Anda dapat mengakses beberapa pengaturan seperti menyalakan dan mematikan wifi, atau lain sebagainya. Jika Anda terbiasa menggunakan Android dan menikmati fitur Quick Settings yang ada di dalam bar notifikasi, Anda akan menyukai fitur ini.

7. Windows Holographic

Holographic-Windows-10

Anda pernah menonton film Minority Report dimana Tom Cruise yang berperan sebagai seorang polisi masa depan mengoperasikan sebuah komputer pintar dengan menggunakan sebuah layar besar dan gerakan tangan? Well, hal tersebut mungkin akan segera menjadi kenyataan.

Dengan bantuan sebuah alat khusus berupa headset, Anda dapat mengoperasikan Windows 10 menggunakan gerakan tangan berkat teknologi augmented reality. Fitur ini merupakan hasil kerja sama Microsoft dengan sebuah developer aplikasi bernama HoloStudio.

8. Kombinasi software dan hardware untuk perusahaan

Surface-Hub

Dalam acara ini juga, Microsoft mengumumkan sebuah perangkat yang dinamakan Surface Hub. Perangkat yang ditenagai dengan Windows 10 ini memiliki ukuran layar sebesar 84 inci! Perangkat ini diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan yang ingin mengisi ruang rapat dengan perangkat yang memudahkan mereka melakukan rapat.

Dilengkapi dengan sebuah layar sentuh, melakukan presentasi menjadi sangat mudah. Ditambah dengan fitur yang terdapat pada Windows 10, semua pegawai yang menggunakan komputer masing-masing dan ditenagai oleh sistem operasi Windows dapat saling berbagi file dan presentasi dengan mudah.

Windows 10 saat ini mungkin masih dalam tahap preview. Namun, melihat semua tambahan fitur di atas, bukan tidak mungkin Microsoft akan semakin memperkuat posisinya di pasar sistem operasi PC yang kini sudah mulai dikejar oleh Apple dengan jajaran produk Mac milik mereka.

Microsoft masih belum mengumumkan tanggal pasti peluncuran sistem operasi ini. Namun mereka dengan yakin menyebutkan bahwa 2015 adalah tahun dimana mereka pasti meluncurkan Windows 10.

Sumber : id.techinasia

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.