5 Langkah Penggunaan Data Retail Untuk Meningkatkan Produktivitas, Kepuasan Pelanggan dan Penjualan

5 Langkah Penggunaan Data Retail Untuk Meningkatkan Produktivitas, Kepuasan Pelanggan dan Penjualan

banner

Data Retail adalah salah satu kunci sukses bisnis, dalam melakukan analisa bisnis dengan data dan informasi yang tepat dibandingkan hanya dengan menggunakan berdasarkan asumsi dan prediksi yang anda perkirakan sehingga memungkinkan anda dalam tepat dalam mengambil keputusan, tentunya hal ini akan berdampak kepada keuntungan yang lebih tinggi, Kepuasan pelanggan yang lebih baik, dan Memiliki cabang yang tersebar luas.

Berdasarkan survei oleh Alteryx dan Retail hampir 350 Pengusaha, 81% dari responden mengatakan mereka mengumpulkan data wawasan pelanggan dan 76% menganggap wawasan menjadi lebih penting untuk menilai kinerja bisnis mereka.

Kabar buruknya adalah banyak pedagang yang mengumpulkan data secara tidak efektif, hanya 16% yang menganggap mereka ahli ketika memanfaatkan data yang ada, sedangkan 24% dan 60% masing-masing menganggap diri mereka masih pemula dan menuju ke pemula.

Tentu saja dengan adanya data semuanya lebih mudah diucapkan dari pada proses pengumpulannya, untuk itu ada beberapa solusi untuk anda dalam menggumpulkan data sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis diantaranya sebagai berikut :

Point Of Sales

Dengan Point of sales, saat ini anda dapat mengumpulkan informasi data metrik yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa bisnis anda. Namun jika anda hanya menggunakan point of sales hanya untuk meningkatkan penjualan, tentu saja anda akan kehilangan informasi data metrik. Padahal saat ini Point of sales modern telah memberikan banyak informasi data metrik yang dibutuhkan seperti laporan margin keuntungan, Trend Penjualan, klasifikasi dan jumlah pelanggan, Pergerakan stock dan sebagainya.

Monitoring Bostoko
Monitoring Bostoko

Kita dapat mengambil contoh misalkan laporan penjualan, dengan laporan ini tentunya anda dapat melihat dan melakukan analisa yang tepat terhadap omset yang terjadi di usaha anda. Omset itu berasal dari produk apa dan siapa pemasoknya, sehingga anda dapat merancanakan pesanan selanjutnya.

Itulah yang terjadi pada Podarok, pengecer Inggris yang menjual hadiah buatan tangan. Pemilik Podarok Andrey Pronin berbagi bahwa mereka terus-menerus menggunakan sistem POS mereka untuk menggali data penjualan mereka sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih handal.

Analisa bisnis
Analisa bisnis

Laporan penjualan adalah fitur favorit yang dapat membantu anda dalam melakukan analisa dengan data yang dapat disesuaikan per jam, per hari, per minggu, per bulan dan per tahun dan paling terpenting dapat disesuaikan dengan pemasoknya, sehingga kita tentunya dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada tahun depan.

Berdasarkan data penjualan tersebut tentunya kita dapat menentukan apa saja yang akan dibeli sehingga dapat mempersingkat waktu pesanan dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan saja sehingga kita yakin produk tersebut dapat terjual dalam waktu dekat.

Laporan lain yang dibutuhkan adalah persediaan dan wawasan penjualan tentunya dapat diperoleh dari aplikasi point of sales anda. Hal ini juga dapat membantu anda dalam merampingkan pegawai dan jam operasional bisnis usaha anda.

Contoh lainnya adalah Rieva Lesonsky, CEO di GrowBiz Media, menulis dalam artikelnya tentang Tren Usaha Kecil : “Anda dapat menggunakan informasi dari sistem POS dan menerima informasi penjualan untuk staf toko Anda secara tepat atau melakukan penyesuaian jam toko Anda. Misalnya, jika Anda menemukan bahwa pelanggan jarang datang setelah jam 18:30, maka sebaiknya anda mempertimbangkan untuk menutup toko sebelum jam tersebut atau mengurangi waktu penjualan di di toko pada waktu itu. Anda juga dapat menggunakan data ini untuk merencanakan fluktuasi musiman dalam penjualan dan membantu Anda mengelola arus kas yang lebih baik.

Kesimpulannya sebagai pengusaha anda dapat belajar banyak tentang bisnis dan pelanggan mereka hanya dengan melihat data yang diperoleh dari Point of Sales. Jadi, jika Anda belum melakukan explorasi POS maka sekarang adalah saatnya untuk mengeksplorasi fitur pelaporan sistem POS.

Loyalty program

royalti program
royalti program

Dari pada anda menawarkan fasilitas langsung untuk pelanggan anda seperti membeli 10 gelas kopi anda mendapatkan 1 gelas kopi, mengapa anda tidak menggunakan fasilitas tersebut untuk mengumpulkan informasi terhadap pembeli anda.

Misalnya anda menggunakan loyalty program anda untuk mencari tahu apa yang pelanggan telah beli sebelumnya dan membuat rekomendasi yang relevan atau anda dapat mencari tahu pelanggan yang telah berbelanja sangat banyak  kemudian anda berikan fasilitas ini.

Email marketing software

Email Marketing
Email Marketing

Jika anda ingin tetap berhubungan dengan pelanggan anda, maka email marketing adalah salah satu solusinya. Kurang berfungsinya email marketing ini adalah karena kurangnya follow up setelah anda melakukan pengiriman email kepada pelanggan anda.

Sebuah statistik tentang follow-up menunjukkan bahwa keberhasilan sebuah penjualan 2% didapatkan pada kontak pertama, 3% pada kontak kedua, 5% pada kontak ketiga, 10% pada kontak keempat, dan 80% pada kontak kelima sampai dengan keduabelas.

Kesalahannya, 48% sales tidak melakukan follow-up setelah kontak pertamanya. Hanya 25% sales yang melakukan kontak kedua tapi kemudian berhenti setelahnya, dan cuma 12% sales yang mengontak prospeknya sebanyak 3 kali.

Keberhasilan dari sebuah penjualan adalah follow-up. Semakin Anda sering melakukan follow-up maka tingkat keberhasilannya semakin besar. Jangan hanya sebatas mengirimkan email lalu berhenti tanpa follow-up.

Perlu diingat juga, Anda perlu mengirim email berulang (email berseri) terhadap calon prospek Anda. Tujuanya sebagai pengingat, tentu dengan subjek email berbeda dan lebih menarik.

Foot traffic analytics

Menerapkan analisa terhadap keramaian di dalam toko anda untuk menghitung data jumlah pelanggan yang datang setiap harinya. Dengan data tersebut tentu dapat dibandingkan dengan omset yang di peroleh oleh toko anda dalam kunjungan pelanggan tersebut apakah pelanggan hanya datang kemudian pergi atau datang dan berbelanja. Berapa lama waktu yang dihabiskan pelanggan dalam mengunjungi toko juga akan menjadi informasi yang berharga bagi anda dalam menjalankan bisnis.

Mix and match metrics or reports

Jika anda hanya menganalisa dari satu data tentu saja anda tidak akan memperoleh informasi yang signifikan karena anda hanya akan berfokus pada satu sudut atau aspek padahal seharusnya anda menganalisa dari berbagai sudut atau aspek sehingga anda dapat melihat secara garis besar.

Tentunya untuk mendapatkan hasil yang sempurna anda harus melakukan pengumpulan data, melakukan perbandingan data dan melihat bagaimana hasil dari perbandingan data tersebut dapat memberikan wawasan dalam hal pengambilan keputusan.

Sebagai contoh data transaksi dibandingkan dengan data traffic pengunjung tentunya akan menghasilkan informasi yang detail seberapa banyak pengunjung yang benar-benar melakukan transaksi di dalam toko anda. Jika anda membandingkan data jumlah transaksi anda dengan pendapatan anda, maka anda akan memperoleh informasi nilai pesanan rata-rata, yang dapat memberikan anda pandangan makro dari berapa banyak pelanggan anda yang berbelanja di toko.

Ini hanya dua contoh dalam penggabungan data untuk memperoleh informasi yang tepat dalam bisnis anda. Gunakan laporan yang anda miliki untuk mendapatkan data yang anda inginkan.

Use timing to predict what your customers will buy next

“Pertanyaannya adalah ketika pelanggan memutuskan untuk berbelanja, itu adalah saatnya kita dapat memperoleh informasi apa yang akan mereka butuhkan dikemudian hari”

Waktu tidak selalu segalanya, pertanyaannya ketika seorang pelanggan melihat produk atau sesuatu yang akan dia beli tentunya dapat memberikan anda wawasan untuk apa yang akan mereka beli dikemudian hari. Contohnya jika anda menjual pakaian bayi kemudian pelanggan anda hanya membeli beberapa pakaian untuk tiga bulan tentunya anda dapat memprediksi apa yang dibutuhkan dalam enam bulan atau satu tahun sehingga anda dapat memberikan rekomendasi produk yang relevan.

Dengan demikian pengusaha yang ingin berhasil dalam pengembangan bisnisnya tentu akan membutuhkan analisa data yang tepat dan akurat. Tentunya hal tersebut hanya dapat dilakukan jika anda memiliki sebuah sistem yang benar-benar dapat membantu anda dalam mengumpulkan informasi tersebut sehingga dapat mempermudah pekerjaan anda dalam mengambil keputusan. Ketika anda telah menguasai pengetahuan dan wawasan tersebut maka semua ini akan berharga demi perkembangan bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.