3 Karakteristik Presentasi yang Luar Biasa

3 Karakteristik Presentasi yang Luar Biasa

1. Stories always work.

Stories
Stories

Manusia mengingat hal-hal yang penting untuk mereka. Jadi, menampilkan banyak grafik, slide, dan angka mungkin merupakan hal yang penting, tapi hal-hal tersebut sulit diingat. Presentasi yang dikenang selalu menciptakan hubungan antara pembicara, audiens, dan cerita-cerita, terutama yang bersifat personal akan membuat hubungan yang bertahan lama. Tulisan yang dibuat oleh Mina Bissell tentang alasan yang membuatnya berpikir berbeda tentang struktur sebuah kanker menggunakan ide abstrak dan membuatnya menjadi nyata.

2. Gambar tidak berarti apa-apa,  dengan satu pengecualian.

Kabel-Bawah-Laut
Penyelam Memasang Kabel Bawah Laut

Saya melihat banyak slide presentasi dan tidak bisa mengingat sebagian besarnya. Tapi ada beberapa yang akan saya ingat selamanya. Salah satu yang terbaik adalah gambar milik Andrew Blum tentang bentuk fisik dari Internet, yakni gambar sekumpulan penyelam yang  sedang meletakkan kabel di dasar laut. Sekarang , setiap kali ada orang yang menyebut cloud, saya tahu bahwa itu tidak ada di atas langit, tapi ada di bawah kaki kita.

3. Antusiasme bukan segalanya.

Antusiasme
Antusiasme

Saya pernah mendengar beberapa pembicara yang sangat bersemangat tapi semua yang dikatakannya langsung terlupakan saat mereka selesai berbicara. Saya bahkan ingat bagaimana mereka terlihat dan keindahan slide mereka, tapi saya melupakan apa yang mereka katakan. Informasi adalah hal yang penting dan sebagus-bagusnya pembawaannya, pokok pembicaraan selalu lebih penting dari gaya pembawaannya.

Peraturan  yang sama juga berlaku saat Anda sedang melakukan presentasi di lingkungan perusahaan. Cerita, terutama cerita yang tepat, membuat fakta dari sesuatu yang abstrak dan membuatnya lebih menarik dan berkesan. Gambar hanya akan bekerja jika menyampaikan sesuatu. Presentasi-presentasi terbesar pada dasarnya adalah sebuah conversation yang luar biasa.

Sumber : www.startupbisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.